Beranda Hukum Kriminal Bandit Asal Palembang Ini Gembosi Ban Mobil Pakai Kunci T

Bandit Asal Palembang Ini Gembosi Ban Mobil Pakai Kunci T

BERBAGI
Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, menginterogasi dua bandit asal Palembang dengan modus pecahkan ban mobil.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, mengatakan komplotan tersangka pencurian dengan modus gembos ban mobil asal Palembang, Sumatera Selatan ini, sudah dua kali beraksi melakukan pencurian di Lampung.

“Pengakuannya baru dua kali, kami perkirakan Syafarudin dan Rahmat ini lebih dari dua kali melakukan pencurian gembos ban mobil. Karena ada kejadian sebelumnya dengan modus yang sama, yakni di bank BNI,”ujar Dery, Selasa (23/8/2016).

Menurutnya, kelompok gembos ban mobil asal Palembang ini, berjumlah empat orang. Untuk tersangka lain, masih dilakukan penyelidikan.

Dery mengungkapkan, aksi terakhir kedua tersangka, melakukan pencurian barang berharga milik korban Marshudi, di Jalan Wolter Monginsidi, pada Selasa (16/8/2016) lalu. Saat beraksi, kedua tersangka mendatangi salah satu bank swasta di daerah Panjang. Lalu keduanya mengamati situasi, sembari mencari target sasaran korbannya.

“Setelah korban Marshudi keluar dari bank mengendarai mobil, kedua tersangka langsung membuntuti korban dengan mengendarai sepeda motor,”ujarnya.

Dikatakannya, pada saat mobil korban berhenti di lampu merah di Jalan Yos Sudarso, kedua tersangka mendekati mobil korban. Tersangka menusuk ban mobil korban pakai kunci letter T, korban tidak menyadarinya. Ditengah perjalanan, korban menghentikan kendaraannya karena ban mobil tersebut kempis.

“Ketika korban turun dari mobil mengecek kondisi ban, Syafarudin mengambil tas yang berisi barang berharga milik korban. Selanjutnya, mereka kabur membawa barang berharga milik korban,”ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut, kata Dery, korban mengalami kerugian berupa uang tunai Rp 1 juta, surat-surat penting, satu unit laptop, sertifikat dan tiga buku tabungan bank.

“Barang-barang berharga tersebut, disimpan korban di dalam tasnya,”terangnya.

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polresta Bandarlampung, meringkus dua bandit gembos ban mobil antar Provinsi kelompok Palembang, Sumatera Selatan. Polisi menangkap kedua tersangka, saat keduanya sedang menunggu korban target sasaran di depan Bank BRI di Jalan Radin Intan, Tanjungkarang Pusat, Senin (22/8/2016).

“Mendapatkan informasi keberadaan dua tersangka, petugas mendatangi lokasi yang dimaksud,”kata Dery, Selasa (23/8/2016).

Pada saat akan ditangkap, kedua tersangka melarikan diri. Ditengah jalan, tersangka membuang kunci letter T. Selain itu juga, tersangka menendang petugas yang mengejar dengan mengendarai sepeda motor. Petugas melumpuhkan kedua tersangka, dengan timah panas di kaki kedua tersangka.