Beranda Hukum Kriminal Begal Bersenjata Api Beraksi di Dua Lokasi di Kotabumi

Begal Bersenjata Api Beraksi di Dua Lokasi di Kotabumi

BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Rohman Habibi melaporkan aksi pembegalan motor yang menimpanya di Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara, Lampung Utara kepada Polres, Kamis (30/7/2015).

KOTABUMI–Polres Lampung Utara sepertinya tak berdaya untuk menumpas komplotan begal motor bersenjata api di wilayah Lampung Utara. Buktinya, aksi begal sadis yang tak kenal ampun di daerah tersebut kian hari kian menjadi.

Pada Kamis (30/7/2015) saja misalnya, telah terjadi sedikitnya dua aksi pembegalan pengendara sepeda motor hanya dalam rentang waktu 30 menit di dua lokasi yang tak berjauhan. Bahkan, salah satu lokasi pembegalan terjadi di jalan protokol yakni Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara (ARPN). Kedua korban komplotan begal itu yakni Daud (47) dan Rohman Habibi (20).

Daud (47) mengaku,  akibat aksi beringas kawanan begal tersebut, dirinya mengalami luka tembak di paha kanannya kala melintas di Jalan Soekarno – Hatta Kotabumi tepatnya di depan sebuah panglong kayu atau tak jauh dari kantor LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) sekitar pukul 05:00 WIB.

Untungnya, sepeda motor Honda Beat warna putih BE 4713 JL yang dikendarainya bersama istrinya, Siarni, gagal  dibawa kabur kedua pelaku lantaran warga keburu ramai sesaat mendengar teriakan korban.

“Saat itu kami hendak ke Pasar Sentral. Tiba di lokasi, mendadak sepeda motor saya dipepet dua orang dan salah satu pelaku langsung menembak saya,” tutur warga Jalan Bougenvil, Kotabumi itu, Kamis (30/7).

Lantaran kendaraannya tak dibawa kabur dan merasa tembakan pelaku tak mengenai dirinya, Daud dan istrinya langsung pulang ke rumah. Namun, setibanya di rumah ia merasakan paha bagian kanannya kepanasan. Saat itulah Daud yakin bahwa ada peluru yang ditembakkan begal bersarang di pahanya.

Menantu Daud kemudian mengantarkan Daud  berobat ke RSUD Ryacudu, Kotabumi. “Tiga luka di paha kanan, satu di paha kiri. Peluru tetap tembus sampai celana dalam saya. Pelurunya nyangkut di celana,” katanya.

Selang 30 menit kemudian, komplotan begal bersenjata api  beraksi di Jalan ARPN tepatnya di depan diler mobil Mithsubishi. Pelaku berhasil merampas motor Honda Beat BE 4544 JR milik Rohman Habibi (20).

Menurut warga Jalan Agrona, Kelapa Tujuh Kotabumi itu saat ditemui di Polres Lampura, kala itu ia dan rekannya Gio (24) hendak pulang ke rumah usai pulang dari Desa Cabang Empat, Kecamatan Abung Selatan.

Setiba di lokasi, sepeda motornya juga dipepet oleh sebuah motor Honda Supra X dengan dua orang di atasnya. Masing – masing pelaku memiliki senjata api di tangannya. Senjata api itu kemudian ditodongkan kepadanya sesaat para pelaku memuntahkan pelurunya ke udara sebanyak dua kali.

“Karena merasa terancam, saya langsung menghentikan sepeda motor. Pelaku membawa kabur motor saya ke arah pusat Kota,” terang dia.