Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Bupati Mustafa Ingatkan Perusahaan Bayar Pajak di Lampung Tengah

Bupati Mustafa Ingatkan Perusahaan Bayar Pajak di Lampung Tengah

BERBAGI
Bupati Mustafa menandatangani MoU kerjasama pajak.

TERASLAMPUNG.COM —  Bupati Lampung Tengah, Mustafa, mengingatkan agar perusahaan-perusahaan besar di Lampung Tengah dapat membayar pajak di Lampung Tengah, khususnya pajak pribadi, PPH 21, dan PPH 25. Ia optimistis, pembayaran pajak akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lamteng hingga 70 persen.

“Ada ratusan perusahaan di Lamteng, mulai dari skala nasional hingga internasional. Tapi sejauh mana kontribusi perusahaan untuk daerah? Inilah yang akan kita evaluasi. Jangan hanya fokus mengambil PBB yang notabene pajaknya masyarakat kecil, perusahaan besar juga harus berkontribusi,” kata  Mustafa dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Lampung Tengah dengan Kanwil Dirjen Pajak Bengkulu & Lampung di graha BKD Lamteng, Selasa, 23/8/2016.

Mustafa mengimbau perusahaan jangan  hanya fokus mencari penghasilan di tanah Lamteng, tetapi juga mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat, sehingga keberadaan-keberadaan perusahaan berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“Ke depan saya minta seluruh perusahaan harus membayar pajak pribadinya di Lamteng, tidak ke Jakarta, Metro, atau Bandar Lampung. Ini akan terus kami pantau, yang patuh akan kami beri apresiasi,” katanya.

Mustafa mengatakan, perusahaan yang tidak patuh membayar pajak akan dievaluasi dan tidak menutup kemungkinan akan diberhentikan izin operasinya atau ditutup.

Menurut Mustafa, pajak merupakan sektor paling potensial untuk meningkatkan pendapatan daerah. Ia mencontohkan APBN sebesar 1827 triliun, 1500 triliun berasal dari sektor pajak. Sisanya sekitar 200 triliun dari pendapatan-pendapatan lainnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa pajak merupakan keran pendapatan paling besar daerah. “Karenanya ini harus menjadi perhatian bagi kita semua. Mari bersama-sama kita membangun Lampung Tengah dengan berkontribusi membayar pajak. Gunung Madu,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Pajak Dirjen Bengkulu dan Lampung, Rida Handanu, mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Mustafa dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah.

“Hal ini menjadi bukti semangat kepala daerah dalam membangun daerah. Tentunya ini harus kita sambut baik. Mari bersama-sama kita menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk pembangunan daerah kita,” ujarnya.

Rida mengajak agar perusahaan memanfaatkan program pengampunan pajak (tax amnesty).

Tax Amnesty adalah pengampunan pajak yang menjadi kebijakan pemerintah guna meningkatkan peran perusahaan membayar pajak. Mari kita manfaatkan program ini, sehingga kita menjadi insan atau lembaga-lembaga yang taat pajak,” pungkasnya.

loading...