Beranda Hukum Kriminal Dalam Seminggu 49 Tersangka Kejahatan Diringkus Jajaran Polda Lampung

Dalam Seminggu 49 Tersangka Kejahatan Diringkus Jajaran Polda Lampung

BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Puluhan tersangka tindak kejahatan dikumpulkan di Mapolda Lampung, Minggu malam (1/11/2015)

BANDARLAMPUNG- Kepolisian daerah (Polda) Lampung, menggelar ekspos hasil pengungkapan kasus C3 pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Minggu (1/11/2015) malam di Lobi Mapolda.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edwar Syah Pernong mengatakan, pengungkapan kasus C3 tersebut merupakan hasil pengungkapan selama sepekan oleh Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polda Lampung, Polresta Bandarlampung, Polres Lampung Tengah dan Polres Lampung Selatan.

“Dalam pengungkapan kasus C3 ini, jumlah tersangka yang diamankan sebanyak 49 tersangka dan menyita beberapa barang bukti yang dipakai pelaku melakukan tindak pidana dan hasil dari kejahatan,”kata Edward kepada wartawan, Minggu (1/11) malam.

Edwar menuturkan, dari 49 tersangka yang diamankan, paling banyak diungkap adalah dari Polresta Bandarlampung sekitar 28 tersangka. Karena Polresta Bandarlampung ini, menjadi barometer di Polda Lampung.

“Untuk pengungkapan tersangka lainnya, dari Polres Lampung Tengah sebanyak 12 tersangka dan sisanya Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan,”tuturnya.

Untuk jumlah barang bukti yang disita, lanjut Edwar, dua pucuk senjata api air softgun, enam bilah senjata tajam (golok dan pisau), dua kunci letter T, 22 butir peluru aktif, tiga butir selongsong peluru, satu buah obeng, satu buah palu, tujuh buah handphone,

“Barang bukti hasil kejahatan yang disita, lima unit sepeda motor, perhiasan (kalung, gelang dan cincin), satu buah STNK kendaraan bermotor, satu buah buku tabungan, satu buah kamera digital merk Canon dan satu unit play station,”ujarnya.

J

Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong memeriksa barang bukti yang disita dari puluhan tersangka kejahatan yang ditangkap jajaran Polda Lampung dalam sepekan terakhir, Mnggu malam (1/11/2015).

enderal Bintang Satu ini mengutarakan, kasus pencurian dengan kekerasan (curas) diwilayah hukum Polda Lampung, sudah ada penurunan dibandingkan dengan sebelumnya. Kalau untuk pencurian dengan pemberatan (curat) memang belum menunjukkan penurunan. Oleh karena itu, Tekab 308 akan terus mengejar para pelaku-pelaku tindak pidana dan pelaku DPO.

kondusifitas wilayah khususnya menjaga situasi yang sudah mulai adanya penurunan, lanjut Edwar, masalah C3 ini merupakan masalah tren indeks atau yang sering dikonotasikan begal juga sudah sangat mengalami penurunan dalam bulan ini.

“Dengan adanya penurunan kasus C3 ini, harus dijaga. ‘dimaintenance; supaya tidak lagi adanya kenaikan pelaku C3 di wilayah hukum Polda Lampung. Oleh sebab itu, Tim Khusus Anti-Bandit (Tekab) 308, saya targetkan dalam setiap minggu harus dapat mengungkap,”terangnya.

Edwar menegaskan, Tekab 308 Polda Lampung dan Polres jajaran akan memburu dan terus memburu para pelaku tindak pidana, tidak akan pernah sekejap pun para pelaku tersebut untuk memikirkan memangsa masyarakat sehingga masyarakat menjadi tidak aman.

“Kita akan kita kejar terus para pelaku ini, karena hal ini yang akan terus kami lakukan sekarang. Tekab 308 akan terus kejar para pelaku, sehingga masyarakat dapat aman dan nyaman di wilayah hukum Polda Lampung,”tegasnya.

Dia menambahkan, dalam pengungkapan kasus tersebut, dapat ditemukan juga oleh Tekab 308 sebuah tempat perakit senjata api di Desa Candirejo, Kecamatan Way Pangubuan, Lampung Tengah.

“Petugas juga dapat menangkap dua  pelaku yang selama ini membuat senjata api rakitan, turut disita juga beberapa peralatan yang digunakan pelaku untuk merakit senjata api,”pungkasnya.