Beranda Hukum Kriminal Dari Rumah Suryanto, Polisi Temukan Ganja Seberat 64 kg di Dapur

Dari Rumah Suryanto, Polisi Temukan Ganja Seberat 64 kg di Dapur

BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com 

Ilustrasi

BANDARLAMPUNG-Dari penggeledahan dirumah kontrakan bandar narkoba tersangka, Suryanto alias Telek di Daerah Suban, Tanjungbintang, Lampung Selatan, pada Minggu (26/7) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Polisi kembali temukan daun ganja kering siap edar sebanyak 64 kilogram, ganja tersebut dikemas dalam paketan seberat 1 kilogram yang disimpan tersangka di dapur.

Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung Komisaris Besar Augutinus B. Pangaribuan melalui Kasubdit I Ditresnarkoba AKBP Raswanto mengatakan, setelah dilakukan penangkapan tersangka Suryanto ketika sedang mengisi bahan bakar minyak bensin di SPBU Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, pada Sabtu (25/7) sekitar pukul 18.30 WIB.

Awalnya petugas menyita barang bukti narkoba sebanyak 250 butir pil ektasi, sabu-sabu seberat 44 gram dan satu paket besar daun ganja seberat 1 kilogram. Saat dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, tersangka Suryanto mengakui masih menyimpan dan memiliki narkoba dalam jumlah besar.

“Ya saat diperiksa, tersangka mengaku masih memiliki narkoba. Barang haram itu, disimpan Suryanto dirumah kontrakannya di daerah Suban, Tanjungbintang, Lampung Selatan,”kata Raswanto, Senin (27/7).

Dari keterangan tersangka, lanjut Raswanto, pihaknya langsung melakukan penggeledahan dirumah kontrakan tersangka. Pada saat digeledah, didapati narkoba dalam jumlah besar jenis daun ganja sebanyak 64 kilogram.

“Dari beberapa ruangan yang kami geledah, awalnya kami tidak menemukan barang bukti narkoba. setelah kita geledah kembali, dapat kami temukan ganja sebanyak 64 kilogram. Ganja itu di simpan oleh tersangka Suryanto di ruangan dapur, dan sudah dikemas dalam paketan seberat 1 kilogram,”terang Raswanto.

Ditambahkannya, dari pengakuan Suryanto, bahwa dia (tersangka) yang memasok narkoba kedalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa dan Way Hui.

“Dari jumlah barang bukti narkoba yang disita, Suryanto ini adalah bandar narkoba jaringan aceh. Kasusnya masih kita kembangkan, kami akan berkordinasi dengan pihak Lapas untuk mengungkap siapa jaringan Suryanto yang ada dilalam Lapas,”tandasnya.

Penangkapan tersangka Suryanto, berawal dari hasil pengembangan dari tertangkapnya tersangka Nurul Alif di rumahnya di Jalan Pramuka Kuripan, Bandarlampung. Dari tangan tersangka Nurul, petugas menyita barang bukti narkoba satu paket sedang ganja kering siap edar seberat 40 gram.

Dari keterangan Nurul, terungkap nama tersangka lain yakni Suryanto alias Telek. Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan penangkapan, pada saat dilakukan penyergapan tersangka sempat melawan dengan memukul petugas sehingga sempat terjadi duel antara tersangka dan petugas.

Akhirnya tersangka berhasil diringkus petugas, selang taklama dilakukan pengejaran dan diberi tembakan peringatan ke udara.