Beranda Hukum Kriminal Dilawan Korbannya, Begal Bersenjata Api Jari Tangannya Nyaris Putus

Dilawan Korbannya, Begal Bersenjata Api Jari Tangannya Nyaris Putus

BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Senjata api pembegal yang berhasil direbut korban Adi Hariyadi.

KOTABUMI–Nyali Adi Hariyadi (30) Warga Sribasuki, Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) patut diacungi jempol. Ia berani berduel dengan pelaku begal di bawah desingan peluru yang dimuntahkan kepadanya, di pencucian mobil Bilal yang berada di jalan Bangau V, Tanjung Harapan Kotabumi Selatan, Sabtu (27/6) sekitar pukul 18:15 WIB.

Alih – alih dapat membawa kabur sepeda motor korban meski telah memuntahkan dua butir peluru, jari pelaku justru nyaris terputus digigit korban. Tak hanya itu, korban pun berhasil merampas senjata api pelaku yang kemudian digunakan untuk menodong balik kedua pelaku. Karuan saja, kedua pelaku kalang kabut dan langsung kabur dengan motor tunggangannya.

Korban, Adi Haryadi yang sedang menjalani perawatan akibat luka pukulan senpi di kepalanya di ruang Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Ryacudu Kotabumi, menceritakan bahwa kejadian bermula saat dirinya hendak menutup pagar pencucian mobil tempatnya bekerja tersebut seusai mengantarkan sepupunya yang bernama Fitri ke rumahnya di Jalan Pahlawan. Setibanya di tempatnya bekerja, ia lantas memarkirkan motor Revo tanpa plat yang baru dibelinya di dalam halaman.

Sejurus kemudian, munculah sebuah sepeda motor dengan dua pemuda di atasnya. Tanpa tedeng aling – aling, salah satu pelaku langsung masuk ke dalam halaman hendak mendekati motor korban. Melihat gelagat yang tidak baik itu, dirinya lantas mendatangi pelaku.

“Serahkan motor ini kalau tidak kamu mati,” katanya menirukan ancaman pelaku yang kala itu langsung menodongkan senpi kepadanya, Minggu (28/6).

Tak terima motor barunya akan dibawa kabur pelaku begitu saja, dirinya pun tak menghiraukan gertakan pelaku dan mencoba melakukan perlawanan. Kala itu, pelaku sempat meletuskan senpi ke arahnya sebanyak dua kali. Beruntung, tembakan pelaku meleset dan tak mengenai korban. Lantaran tembakannya tak mengenai korban, pelaku pun langsung memukul kepala korban yang mendekat dengan senpi miliknya.

Tak kehabisan akal, korban pun langsung mencoba meraih tangan korban yang memegang senjata api dan langsung menggigit jari tangan pelaku sekuat mungkin. “Saya gigit jarinya hingga nyaris putus. Saat itu senpinya terlepas dan langsung saya rampas,” kata dia.

Menyadari rekannya terdesak dan terluka, rekan pelaku yang menunggu di luar pagar merangsek masuk dan mencoba menabrakan motor yang ditungganginya kepada korban. Lagi – lagi, korban berhasil menghindar dan langsung menodongkan balik senpi ke arah kedua pelaku.

“Senpi yang ada ditangan langsung saya todongkan kepada mereka. Mungkin karena takut, mereka langsung kabur meninggalkan saya. Senpi itu sudah saya serahkan ke polisi,” tutur dia.

Di lain sisi, Kasat Reskrim, Iptu Supriyanto mengatakan para pelaku masih dalam pengejaran pihaknya. “Salah satu pelaku terluka di bagian jarinya akibat gigitan korban. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera kita tangkap,” tegas dia.‎