BERBAGI
Peta Kabupaten Kayong Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lampung Utara menyatakan 10 Kepala Keluarga (KK) yang mengikuti program transmigrasi menuju Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat akan diberangkatkan pada November mendatang.

“10 KK yang terpilih untuk mengikuti program transmigrasi ‎akan diberangkatkan ke daerah tujuan yakni Kayong Utara, Kalimantan Barat pada bulan November atau Desember mendatang,” kata Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Budi Tamin, di kantornya, Rabu (28/9/2016).

Ke-10 KK yang bakal diberangkatkan ini, kata Budi, merupakan hasil seleksi yang dilakukan pihaknya yang bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung. Proses penjaringan hingga penetapan calon transmigran ini sendiri memakan waktu sekitar enam bulan lamanya.

“Penjaringan calon peserta dimulai sejak bulan Maret dan seleksinya di awal bulan September ini. Dari 20 KK, terpilihlah 10 KK yang akan diberangkatkan ke sana,” tuturnya.

Menurut Budi, ‎para KK yang terpilih ini telah melalui seleksi ketat mulai dari administrasi hingga tes psikologi yang dilakukan oleh psikolog. Adapun fasilitas yang diberikan kepada 10 KK inin imbuhnya, yakni rumah, diberikan 2 hektar lahan sebagai mata pencarian dan akan ditanggung biaya hidupnya selama dua tahun

“Seluruh fasilitas dan biaya hidup selama dua tahun ditanggung pemerintah supaya mereka benar – benar dapat berhasil dalam dua tahun itu. Setahun sekali, kami akan memonitor perkembangan mereka,” papar dia.‎

LEAVE A REPLY