Beranda Hukum Kriminal Ditangkap! Inilah Penampakan Dalang Pembunuhan Siswa SD, Penyulut Rusuh Lampung Utara

Ditangkap! Inilah Penampakan Dalang Pembunuhan Siswa SD, Penyulut Rusuh Lampung Utara

BERBAGI
Giyarso (Foto Istimewa)

Feaby/Teraslampung.com

KOTABUMI--Giyarso, dalang pembunuhan Muhammd Jaya Pratama (13) yang berujung pada pembakaran dan pengrusakan puluhan rumah warga Dusun 2, Desa Sukadana Ilir, Bunga Mayang, Lampung Utara akhirnya diamankan Polres di Desa Jajar, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah, Minggu  (7/2) sekitar pukul 11:00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Lampung Utara, AKP. Supriyanto Husin membenarkan pihaknya telah mengamankan Giyarso, dalang pembunuhan MJP di kediamannya. Tersangka diamankan tanpa perlawanan sedikitpun.

“Tersangka kami amankan‎ di kediamannya tanpa perlawanan di Desa Jajar, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah‎, Sabtu (7/2) sekitar pukul 11:00 WIB,” kata Kasat melalui pesan Blackberry-nya, Minggu (7/2).

Supriyanto mengatakan, pihaknya kini sedang dalam perjalanan membawa tersangka ke Polres Lampung Utara dari ‎Kabupaten Karang Anyar. “Saya masih di Karang Anyar, Jawa Tengah,” tuturnya.

BACA: Ditangkap di Jateng, Otak Pembunuhan-Penyulut Rusuh Lampura Sempat Bikin Polisi Khawatir

‎Diketahui, motif di balik pembunuhan MJP (13) yang berujung aksi pembakaran dan pengrusakan puluhan rumah amuk akibat aksi massa di Dusun 2, Desa Sukadana Ilir, Bunga Mayang, Lampung Utara belum lama ini akhirnya terungkap.

Motif pembunuhan ini ternyata dilatarbelakangi oleh dendam kesumat Giyarso  kepada ayah korban, Johansyah. Giyarso kemudian menyuruh rekannya Marsudi (34) untuk menghabisi MJP guna melampiaskan sakit hatinya kepada ayah korban. Ketiga tersangka masih satu Desa dengan keluarga almarhum.

Terungkapnya motif pembunuhan ini berdasarkan hasil rekonstruksi pembunuhan MJP yang digelar Polda Lampung bersama Polres di daerah Kebun Empat, Tanjung Seneng, Kotabumi Selatan, Kamis (4/1) sekitar pukul 12:00 WIB.

Aksi pembunuhan yang diotaki Giyarso ini memicu aksi amuk massa yang berujung pada pembakaran dan pengrusakan puluhan rumah warga di Dusun 2. Total ada 31 unit rumah yang dibakar dan 43 unit rumah lainnya dirusak massa.

Ikuti Update Berita: RUSUH LAMPUNG UTARA