BERBAGI
Pelatihan dosen IBI Darmajaya di laboratorium  IAC 

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com– Guna meningkatkan kompetensi para dosen, Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menggelar pelatihan Matlab, C++, dan Visual C++ yang berlangsung selama 5 hari mulai Senin (04/05) di Laboratorium Information Access Center (IAC). Sebanyak 19 dosen IBI Darmajaya mengikuti pelatihan ini, mereka berasal dari Program Studi Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Sistem Komputer.

Instruktur Yunda Heningtyas, M.Kom mengatakan para dosen IBI Darmajaya sangat antusias mengikuti pelatihan ini. “Para dosen sebelumnya sudah mengenal materi ini pada masa perkuliahan. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengingatkan mereka kembali, serta memperdalam pemahamannya. Kemudian peserta tidak hanya memperoleh teori, tetapi bisa langsung mempraktekan supaya lebih menguasai skill teknisnya,” ujarnya.

Lulusan Magister Ilmu Komputer dari Institut Pertanian Bogor ini menambahkan, materi Matlab
(matrix laboratory)  merupakan salah satu software pengelolaan data yang mudah dan umum digunakan masyarakat. “Begitupula C++, dan Visual C++ yang umum digunakan dalam berbagai program aplikasi baik dibidang perkantoran, dan keuangan. Perbedaannya C++ berjalan di comant window, sementara Visual C++ sudah interface. Diharapkan peserta dapat memahami ketiga materi tersebut karena sangat penting untuk dikuasai,” terangnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset Envermy Vem, M.,Sc mewakili Rektor Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE. MA, menuturkan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen dibidang Teknologi Informasi. “Semoga melalui pelatihan ini para dosen dapat meningkatkan kompetensinya. Sehingga dosen lebih memahami materi dan menguasai skill teknis pada saat bertugas mengajarkan kembali kepada mahasiswa dalam proses belajar mengajar diperkuliahan,” ungkapnya.

Menurut Envermy Vem, sebuah perguruan tinggi harus menjadi learning organization dimana organisasi yang dapat memfasilitasi pembelajaran dari seluruh anggotanya dan secara terus menerus mentransformasikan diri. “IBI Darmajaya terus berupaya untuk melakukan proses pembelajaran mandiri sehingga organisasi kita memiliki kecepatan berpikir dan bertindak dalam merespon beragam perubahan yang muncul khususnya perkembangan pada bidang teknologi informasi dan bisnis,” tuturnya.(*)

LEAVE A REPLY