Beranda News Nasional DPR Setujui Komjen Budi Gunawan Jabat Kepala BIN

DPR Setujui Komjen Budi Gunawan Jabat Kepala BIN

Komjen Budi Gunawan
Share Thiis
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube

TERASLAMPUNG.COM — Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), dalam sidang paripurna DPR di Gedung DPR RI, Kamis (8/9/2016).Secara aklamasi 305  anggota Dewan yang hadir sepakat dengan rekomendasi Komisi I yang menilai Budi layak memimpin BIN.

Meski disetujui secara aklamasi, pengambilan keputusan itu sepat diwarnai insiden kecil berupa interupsi dari politikus asal Partai Nasional Demokrat, Akbar Faisal.

Akbar mengatakan, meskipun dirinya menyetujui Budi Gunawan sebagai Kepala BIN, tetapi ia mendesak agar pemimpin DPR agar segera mengirim surat kepada pemerintah dan mengambil sikap ihwal pengajuan Arcandra Tahar yang ingin kembali menjadi warga negara Indonesia.

“Faktanya pemerintah tidak meminta rekomendasi Kepala BIN waktu proses pemilihan Arcandra,” kata Akbar.

Interupsi Akbar terkait dengan rencana Presiden Joko Widodo mengangkat kembali Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM. Arcandra diberhentikan dari jabatannya sebagai Menteri ESDM hanya beberapa setelah dilantik karena memiliki dua paspor, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Interupsi Akbar tidak berlangsung lama karena pemimpin DPR segera meminta Budi Gunawan untuk berdiri di atas panggung dan berkenalan dengan para wakil rakyat.

Usai disetujui DPR, selanjutnya DPR akan segera mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo agar Komjen Budi Gunawan bisa cepat dilantik sebagai Kepala BIN.

Perseretujuan DPR RI terhadap pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN selaras dengan keinginan Presiden Jokowi. Beberapa hari lalu Presiden Jokowi mengatakan dirinya ingin agar Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN menggantikan Letjen (Purn) Sutiyoso.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai, visi optimalisasi peran dan peningkatan kinerja BIN yang dipaparkan oleh calon tunggal Kepala BIN Budi Gunawan, sangat bagus dan tepat.

Sukamta berharap visi tersebut dapat dilaksanakan sepenuhnya sepanjang periode kepemimpinan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

“Kami menerima dan mendukung pencalonan Pak Budi Gunawan karena visi dan misinya bagus, menjawab semua kekhawatiran anggota Komisi I. Kami mengharapkan semua visi dan misi tersebut bisa dilaksanakan dengan sepenuhnya,” kata Sukamta.

 

BACA JUGA:

loading...