Beranda Hukum Kriminal Dua Begal Sepeda Motor Tembak Warga Abung Surakarta

Dua Begal Sepeda Motor Tembak Warga Abung Surakarta

BERBAGI
Korban begal motor, Ariyanto menjalani perawatan intensif dari petugas medis RSUD Ryacudu, Kotabumi akibat luka tembak yang dideritanya.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ariyanto (24), warga Desa Bumi Raharja, Abung Surakarta, Lampung Utara menjadi korban luka tembak yang dilakuka‎n oleh kawanan begal motor di Jalan Dusun Kali Bitung, Desa Tata Karya, Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 14.30 WIB. Korban terpaksa dilarikan ke RSUD Ryacudu Kotabumi karena luka serius di bagian lengan.

Meski berhasil menembak lengan kiri korban,  namun para pelaku yang berjumlah dua orang dengan mengendarai motor Honda Revo tak berhasil membawa kabur motor korban. Aksi pelaku keburu kepergok warga sehingga kedua pelaku segera tancap gas meninggalkan korban berikut motor buruan mereka.

Saripudin (22), rekan korban  yang saat itu dibonceng oleh korban‎ Aryanto, peristiwa nahas itu  berawal saat motor yang mereka kendarai melintas di Jalan Dusun Kali Bitung, Desa Tata Karya, Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 14:30 WIB. Secara kebetulan, kendaraan mereka berpapasan dengan sepeda motor pelaku. Para pelaku kemudian memutar arah laju kendaraanya  dan menyusul kendaraan korban.

“Setelah berpapasan, pelaku langsung mutar arah dan menyuruh kami turun dari motor. Mereka mengancam akan menembak jika kami tak turun dari motor,” terang dia saat menemani rekannya yang sedang menjalani perawatan akibat luka tembak pelaku begal di RSUD Ryacudu, Kotabumi.

Mendapat ancaman seperti itu, ‎Ariyanto lantas menghentikan laju kendaraannya di lokasi. Namun, korban tak ingin begitu saja memberikan motor miliknya tanpa melakukan perlawanan. Korban segera mencabut kunci motornya karena khawatir akan dirampas pelaku.

Mengira buruannya tak akan melawan, pelaku yang dibonceng segera turun untuk mengambil motor incaran mereka. Sayangnya, ‎Ariyanto tak mau memberikan kunci motor kepada pelaku. Alhasil, pelaku naik pitam dan berusaha memukul korban. Dihujani pukulan seperti itu, korban pun melakukan perlawanan dan sempat membuat pelaku terdesak.

Melihat rekannya terdesak, pelaku yang mengendarai motor‎ langsung mengarahkan senjata api ke arah korban. Tembakan pelaku menyasar ke lengan kiri korban dan membuat korban tak berdaya. Rupanya, aksi kawanan begal ini ketahuan oleh warga sehingga membuat nyali para pelaku menjadi ciut dan langsung tancap gas tanpa menghiraukan motor Honda Beat incarannya.

“Setelah para pelaku kabur, saya lalu membawa kawan saya ke sini (RSUD Ryacudu,red),” kata dia.