Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Empat Calon Pimpinan Perusahaan Daerah Lampung Utara Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan

Empat Calon Pimpinan Perusahaan Daerah Lampung Utara Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan

BERBAGI
Suheri, calon Direksi PD. Lampura Niaga menjalani Fit and Proper Tes yang dilakukan Komisi II DPRD Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Empat calon pimpinan perusahaan daerah (PD) Lampura Niaga menjalani uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) yang dilakukan oleh Komisi II DPRD Lampung Utara, Senin (3/10/2016).

‎Pantauan di lokasi, pelaksanaan Fit and Proper Tes yang dipimpin oleh Ketua Komisi II, Herwan Mega dan didampingi oleh Mawardi dari kalangan akademisi ini berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

“Karena jajaran Direksi PD. Lampura sekarang statusnya masih pelaksana tugas (Plt)‎ maka sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda), mereka harus segera didefinitifkan,” urai Ketua Komisi II, Herwan Mega usai melakukan Fit and Proper Test.

‎Sesuai amanat Perda, setiap calon Direksi PD. Lampura Niaga harus terlebih dulu menjalani uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komisi II jika ingin masuk dalam jajaran Direksi termasuk keempat calon tersebut. Sejatinya, kata Herwan, total peserta yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan ini berjumlah empat orang. Namun, yang hadir dalam Fit and Proper Test ini ternyata hanya empat orang.

“Dari keempat calon yang ada, 1 di antaranya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi batas minimal usia yang diatur dalam Perda. Sesuai Perda, calon jajaran Direksi minimal berusia 35 tahun dan maksimal 55 tahun,” tegas dia.

Hasil Fit and Proper Test yang bersifat rekomendasi ini, imbuh politisi besutan SBY itu, akan segera diserahkan kepada Bupati Agung Ilmu Mangkunegara melalui pimpinan DPRD Lampung Utara. ‎Nantinya, Bupati akan menindaklanjuti rekomendasi itu dengan menunjuk siapa Direktur Utama, Direktur Umum, atau Direktur Usaha PD. Lampura Niaga.

‎”Rekomendasi yang berisikan tiga calon ini akan disampaikan ke pak Bupati melalui pimpinan DPRD. Selanjutnya, pak Bupatilah yang menentukan posisi mereka masing – masing,” tuturnya.

Warga Jalan Kapten Dulhak, Kotabumi ini berharap, Pemkab dapat menyuntikan dana segar yang cukup untuk membantu modal PD. Lampura Niaga agar dapat berkembang sehingga mampu memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini juga menjadi harapan para calon Direksi PD. Lampura Niaga yang secara tak langsung diungkapkan dalam uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

‎”Kami harap Pemkab juga Pemkab dapat lebih meningkatkan suntikan dana kepada PD. Lampura Niaga sehingga dapat berkembang,” terang dia.

‎Di tempat sama, Wansori, anggota Komisi II menegaskan, para calon Direksi ini harus membuat Fakta Integritas jika nantinya terpilih sebagai jajaran Direksi. Fakta Integritas ini untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan terhadap keuangan atau aset PD. Lampura Niaga.

“Selain itu, para calon Direksi juga harus inovatif dan kreatif agar perusahaan ini dapat lebih berkembang dan maju,” tegas‎nya.