Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Barat Fauzi Hasan Terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Tulangbawang Barat

Fauzi Hasan Terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Tulangbawang Barat

BERBAGI
Fauzi Hasan

TUBABAR, Teraslampung.com — Wakil Bupati Tulangbawang Barat Fauzi Hasan, didapuk para seniman setempat memimpin Dewan Kesenian Tulangbawang Barat (DK Tubaba).

Penunjukan mantan Kepala Bappeda Tubaba itu bukan tanpa alasan. Manran pejabat di Pemkab Lampung Utara ini semasa muda adalah pelukis dan pembuat taman. Karya-karya lukis Fauzi–berdampingan dengan karya Bachtiar Basri, kini wakil Gubernur Lampung, tersimpan rapi di rumah dinasnya di Panaragan.

“Saya memang tidak produktif, ini pun saya buat terakhir kali pada 2012,” jelas Fauzi usai memimpin rapat pengurus DK Tubaba untuk menggelar Pentas Seni Akhir Tahun, Kamis lalu.

Dikatakannya, semasa mahasiswa di Universitas Lampung sangat produktif melukis. Bahkan, untuk menambah penghasilan Fauzi Hasan mencari order menggarap taman rumah orang kaya.

“Hasil dari membuat taman, uangnya saya gunakan untuk biaya kuliah dan makan sehari-hari,” jelas dia.

Fauzi mengaku berasal dari keluarga kurang mampu di Pagardewa. Ia harus merantau ke Bandarlampung karena studi.

Ia punya pengalaman lucu. Saat menggarap taman rumah, dosennya liwat dan hampir saja memergokinya. “Secepatnya saya bersembunyi. Soalnya saya tak masuk kuliah karena harus menyelesaikan taman,” ujarnya tertawa.

Di Lampung Utara ia juga menoreh karya. Pot-pot bunga di tepi jalan di Kotabumi adalah desain dan buatan Fauzi Hasan.

Menurut mantan Sekretaris KNPI Lampung Utara ini, berkesenian itu adalah kesungguhan. “Bersungguh-sungguh saat berkarya dan menekuni profesi, niacaya akan sukses dan menjadikan karya seni yang dilahirkan menjadi khas kita,” jelas dia didampingi Ketua Harian DK Tubaba Ansyori Ali Akbar.

Fauzi berharap pada jajaran DK Tubaba jadikan wadah kesenian ini untuk memupuk kreativitas dan membangun dunia kesenian di daerah itu.

“Saatnya kesenian dan seniman Tubaba berkreativitas untuk berdiri sejajar dengan daerah lain di Lampung,” harapnya.

Pentas Seni Akhir Tahun yang ditaja DK Tubaba akan menampilkan seni musik, tari, dan baca puisi. “Ini pentas pertama yang dilaksanakan DK Tubaba,” tutup Fauzi.

TL-004/IS