Beranda Ruwa Jurai Pusiban Gubernur : Kualitas SDM IAIN Dilandasi Nilai Islam

Gubernur : Kualitas SDM IAIN Dilandasi Nilai Islam

BERBAGI

Rektor IAIN Raden Intan Prof Mukri mewisuda 1.014 orang di GSG IAIN ,Sabtu (9/5). 

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Pemerintah Provinsi  berupaya terus untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Lampung. Dengan adanya regulasi pemerintah tentang otonomi daerah  yang diterjemahkan dalam peraturan daerah, maka peran IAIN menjadi semakin jelas yakni harus mampu menjadi institusi pendidikan tinggi Islam sebagai mitra pemerintah daerah yang memberikan jaminan kualitas SDM yang dilandasi nilai-nilai Islam.

Demikian sambutan  Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam acara
Wisuda Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) dan Pasca Magister (S3) Periode I Tahun 2015 di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus IAIN Raden Intan Lampung, Sabtu (9/5).
Hadir dalam kesempatan ini Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo,  Kapolda Lampung Brigjen (Pol) Heru Winarko. Rektor IAIN Raden Intan Prof. Mukri, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung,Civitas Akademika di lingkungan IAIN Raden Intan Lampung.

Gubernur  M.Ridho Ficardo mengatakan dalam grand desain pembangunan di Provinsi Lampung, pemerintahan daerah Lampung mendudukkan agama sebagai sumber inspirasi dalam berbagai kebijakan. Oleh karena itu, secara konsisten dan terencana pemerintah daerah telah melakukan pembangunan dalam bidang agama, baik menyangkut sarana prasarana peribadatan maupun program kegiatan peningkatan kesadaran umat beragama. Atas dasar itu, program pemerintah berkaitan dengan pembangunan bidang keagamaan perlu terus ditingkatkan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung mengharapkan IAIN Raden Intan agar dapat tampil di depan mengambil peran sebagai ciri kemajuan umat Islam di Lampung. Pemprov senantiasa siap membantu peningkatan status IAIN menjadi Universitas Islam Negri (UIN).

“Kita memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki etos kerja, disipin kerja dan bertanggung jawab. Pembangunan di bidang pendidikan, tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pengelolaan pendidikan yang  dilakukan  IAIN  Raden  Intan  harus  terpadu sebagai mitra Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang unggul. Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi sangat memperhatikan peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, berupaya terus untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Lampung,” kata gubernur.

Menurut gubernur  dengan adanya regulasi pemerintah tentang otonomi daerah, yang diterjemahkan dalam peraturan daerah, maka peran IAIN menjadi semakin jelas, yakni harus mampu menjadi institusi pendidikan tinggi Islam sebagai mitra Pemerintah Daerah yang memberikan jaminan kualitas SDM yang dilandasi nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, SDM dikatakan ahli, jika memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya, memiliki jiwa profesionalisme dalam menjalani tugas sehari-hari.

Pembangunan pendidikan merupakan usaha peningkatan kualitas individu dan masyarakat secara berkelanjutan, berdasarkan kemampuan sumber daya daerah, dengan memanfaatkan kemajuan Iptek serta memperhatikan tantangan perkembangan global, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang layak dan bermartabat dengan memberikan perhatian utama kepada tercukupinya kebutuhan pendidikan dasar serta mampu membangun ketahanan budaya untuk mewujudkan kondisi dinamis di masyarakat yang tanggap, ulet, dan tangguh dalam menghadapi segala bentuk perubahan yang berlangsung baik pada tatanan nasional, regional, maupun global.

Rektor IAIN Raden Intan  Prof. Mukri mengatakan jumlah wisudawan IAIN kali ini  sebanyak 1.014 orang, dengan perincian : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak 42 orang dengan wisudawan  terbaik Dewi Maryani IP  3.91, Fakultas Tarbiyah sebanyak 762 orang wisudawan terbaik Hilda Oktaria IP 3.90,  Fakultas Syariah sebanyak 90 orang dengan wisudawan terbaik Aas Syafitri dengan IP 3.80.,  Fakultas Usuludin sebanyak 18 orang dengan wisudawa  terbaik Muslihan dengan IP 3.79. Sementara itu, Pasca Sarjana sebanyak 99 orang dengan wisudawan terbaik Jamdari Khaerul dengan IP 3.72.

Sedangkan lulusan terbaik IAIN Raden Intan Pasca Magister (S3) adalah : Abdurrahman dengan  IP 3.87 (cumlude) ,Ahmad Rajafi dengan IP 3.78 (cumlude) dan  Erjati Abbas dg IP 3.5 (Sangat memuaskan). (Mas Alina)

BACA JUGA: