Beranda Ruwa Jurai Gubernur Ridho Tegaskan Pemprov Lampung Siap Dukung Apdesi

Gubernur Ridho Tegaskan Pemprov Lampung Siap Dukung Apdesi

BERBAGI
Gubernur Ridho Ficardo

TERASLAMPUNG.COM – Pemerintah Provinsi Lampung akan dukung program-program Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi). Komitmen itu disampaikan Gubernur Lampung Ridho Ficardo saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Musyawarah Nasional III Apdesi di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, Kamis (11/7/2016).

“Apa pun yang dibutuhkan Apdesi Lampung, sepanjang untuk kemajuan daerah kita, akan kami dukung,” ujar Ridho Ficardo.

Menurut Ridho, pemerintahan, dan desa adalah bagian dari integral Pemerintahan Indonesia dari pusat hingga daerah. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga Munas III Apdesi dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta menghasilkan keputusan dan rekomendasi untuk kebaikan bangsa dan negara kita,” katanya.

Sementara itu, Dirjend Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Nata Irawan, mengatakan akibat pemekaran desa, jumlah anggaran untuk alokasi dana desa pada 2016 naik.

Menurut Nata, pada 2015 jumlah desa di Indonesia lebih kurang 74.774 desa. Pada 2016 bertambah ratusan desa karena pemekaran. Anggaran desa pun naik dari  Rp 20 triliun/tahun naik menjadi  Rp46,5 triliun/tahun.

“Jika ada persoalan yang salah terkait penggunaan anggaran ini, maka yang bertanggung jawab adalah masing-masing daerah sesuai dengan tingkatannya. Karena dana tersebut langsung ditransfer ke Perbendaharaan Kabupaten/ Kota,” katanya.

Nata mengatakan Kementerian Dalam Negeri mengapresiasi Gubernur Lampung karena telah membantu kesejahteraan desa, meningkatkan kapasitas aparatur desa, serta program pembangunan di Desa.

“Hal ini bentuk dukungan Pemerintah Provinsi kepada Desa-desa diwilayahnya,” katanya.

Ketua Umum DPP Apdesi, Suhadi dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia karena pemerintah sangat peduli dengan desa.

“Selain ada Dana Desa, pemerintahan saat ini begitu besar perhatiannya terhadap pembangunan desa,” katanya.

Di tahun 2015, jelasnya, telah dianggarkan Rp 300 triliun, serta ditahun 2016 juga ditingkatkan menjadi Rp 600 Triliun lebih untuk seluruh desa di Indonesia. Di tahun 2017 seluruh desa akan menerima bantuan dana desa sebesar Rp 1miliar per desa.

“Wajar jika kita memuji komitmen pemerintah, terhadap percepatan pembangunan desa. Bagi Provinsi lain, perlu mencontoh Gubernur Lampung dalam hal memajukan desa selain ada dana desa, pemerintah Provinsi Lampung juga menganggarkan Rp300 juta tiap desa melalui Program Gerbang Desa Saburai, ” ujarnya.

Acara dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Dirjend. Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan, Anggota FORKOPIMDA, Bupati/Wali Kota Se Provinsi Lampung. Acara dihadiri pula DPD APDESI seluruh Indonesia, 15 DPC APDESI Provinsi Lampung.