Beranda Pendidikan Hari Kunjung Perpustakaan, Pustakawan Eko Prasetyo Bagikan Buku dan Makanan

Hari Kunjung Perpustakaan, Pustakawan Eko Prasetyo Bagikan Buku dan Makanan

BERBAGI
Eko Prasetyo bersama para pengunjung perpustakaan di Kabupaten Way Kanan.

TERASLAMPUNG.COM, Blambangan Umpu — Memanfaatkan momentum Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September, penggiat perpustakaan di Kabupaten Way Kanan, Eko Prasetyo,  membagi-bagikan bingkisan berupa buku, makanan ringan,  dan perkakas rumah tangga kepada pengunjung yang datang ke perpustakaan, Rabu, (14/09).

Menurut Eko, barang-barang dan makanan itu dibeli  dari uang pribadinya sendiri guna menarik minat baca masyarakat agar senang membaca dan datang ke perpustakaan.

“Dengan cara ini mudah-mudahan dapat merangsang minat masyarakat untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan. Bingkisan berupa perabotan rumahtangga ini mungkin harganya tidak terlalu besar, namun semoga menjadi kesan dan manfaat tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke perpustakaan,” ujar Eko.

Menurut Eko, peringatan Hari Kunjung Perpustakaan mestinya memang tidak hanya dilakukan dengan sekadar menggelar seminar atau sosialisasi yang bersifar seremonial. Yang tidak kalah penting, kata dia, adalah mendekatkan akses perpustakaan langsung ke masyarakat.

“Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan ini tentu dibarengi dengan upaya nyata mendekatkan akses perpustakaan kepada masyarakat. Sebab tidak semua masyarakat di Way Kanan ini dapat menikmati layanan perpustakaan milik pemerintah. Seperti yang telah saya lakukan diberbagai tempat dengan menggelar lapak buku ke pusat-pusat keramaian seperti di pinggir jalan, taman dan sekolah- sekolah yang belum memiliki perpustakaan,” kata Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Way Kanan itu.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip Dokumentasi (KPAD) Way Kanan Desi Melda, mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Eko dan organisasi IPI sebagai upaya nyata membantu pemerintah menciptakan masyarakat yang cerdas melalui kebiasaan membaca.

“Meningkatkan minat baca akan terasa sulit jika hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Kami dalam hal ini KPAD sebagai pengelola perpustakaan miliki Pemkab Way Kanan terbantu dengan adanya aksi yang dilakukan oleh Eko dan kawan-kawan dari IPI. Semoga dapat terus konsisten dalam menggelorakan semangat literasi di kabupaten ini,” kata Desi.

BACA JUGA:

loading...