Beranda News Pers Heri Wardoyo, Satu-satunya Pejabat di Indonesia yang Jadi Ahli Pers Dewan Pers

Heri Wardoyo, Satu-satunya Pejabat di Indonesia yang Jadi Ahli Pers Dewan Pers

BERBAGI
Heri Wardoyo

TERASLAMPUNG.COM– Di Indonesia, sudah banyak wartawan yang menjadi pejabat. Antara lain Wagub Jawa Timur Syaifullah Yusuf (mantan wartawan Detik dan pendiri AJI) dan mantan Bupati Bantul Idham Samawi (wartawan dan bos Kedaulatan Rakyat Jogja). Namun, wartawan yang menjadi pejabat dan ahli pers yang memiliki sertifikat ahli pers dari Dewan Pers hanyalah Wakil Bupati Tulangbawang, Heri Wardoyo (mantan wartawan Lampung Post).

Di Lampung, Dewan Pers selama ini baru memiliki dua Ahli Pers bersertifikat, yakni Heri Wardoyo (mewakili PWI Lampung) dan Oyos Saroso HN (Pemred Teraslampung.com, mewakili AJI Lampung).

Jika ada kasus pers yang dihadapi wartawan di Lampung dan ada permintaan sebagai saksi ahli dari kepolisian atau pengadilan, Dewan Pers akan menunjuk keduanya sebagai wakil Dewan Pers. Keduanya bisa menjadi saksi ahli untuk kasus pers baik yang melibatkan anggota AJI, PWI, maupun IJTI.

Tentang status Heri Wardoyo yang kini menjadi Wakil Bupati Tulangbawang, Dewan Pers tidak mempersoalkan.
“Yang dipentingkan oleh Dewan Pers adalah keahliannya. Meskipun menjadi pejabat, Heri Wardoyo tetap dipercaya sebagai Ahli Pers dari Dewan Pers,” kata Ketua Dewan Pers Prof. Dr.Bagir Manan, beberapa waktu lalu.

 

Meski sudah menjadi pejabat daerah, Heri Wardoyo pun masih aktif terlibat dalam acara yang digelar Dewan Pers dan kalangan media. Antara lain mengikuti Pendidikan Ahli Pers yang digelar Dewan Pers dan kegiatan yang digelar PWI maupun AJI di Lampung.

Dewi Ria Angela