Beranda News Pers Ini Enam Nomine Karya Jurnalistik Penerima Saidatul Fitriah 2016

Ini Enam Nomine Karya Jurnalistik Penerima Saidatul Fitriah 2016

BERBAGI
Penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroedin AJI Kota Bandarlampung.

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak enam tulisan jurnalistik lolos sebagai nomine peraih Penghargaan Saidatul Fitriah 2016 AJI Bandarlampung. Kepastian lolosnya enam karya itu setelah juri yang terdiri dari Budisantoso Budiman, Ida Nurhaida, dan Isbedy Stiawan ZS menuntaskan proses seleksi dan penilaian pada Sabtu (27/8/2016).

Penghargaan untuk karya jurnalistik yang berdampak bagi publik ini akan diserahkan dalam acara malam pucak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-22 Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung di Gedung Asilo Hermelink, Jalan Z A Pagaralam, Minggu (28/8/2016).

Enam karya yang masuk dalam nominasi Penghargaan Saidatul Fitriah adalah “Pungli Imigrasi Bandar Lampung” karya Imelda Astari (duajurai.com), “Reklamasi Teluk Lampung” karya Febi Herumanika dkk (Lampung Post), “Rekayasa Lalu Lintas di Bandar Lampung” karya Febi Herumanika dkk (Lampung Post), “Kematian Gajah Yongki” karya Angger Putranto (Kompas), “Tambang Pasir Ilegal di Lampung Timur” karya Agus Suanto dkk (Lampung Post), “Dana APBD di Majelis Taklim Rachmat Hidayat” karya M Idris dkk (duajurai.com).

“Juri sudah memilih karya yang dinilai terbaik dan memiliki dampak yang besar bagi kepentingan publik,” kata Ketua Panitia HUT AJI Yayu Suhaesti, Minggu (28/8/2016).

Menurut Yayu, karya yang masuk dalam ke panitia ada 31 tulisan, berasal dari 24 jurnalis atau dari 11 media.

Proses seleksi calon penerima Saidatul Fitriah (foto: dok Yayu Suhaesti/AJI Bandarlampung)
Proses seleksi calon penerima Saidatul Fitriah (foto: dok Yayu Suhaesti/AJI Bandarlampung)

“Jumlah karya yang masuk tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tema tulisan pun beragam, soal korupsi, pelayanan publik, pendidikan, olahraga, dan lingkungan,” kata Yayu.

Yayu mengatakan pengumuman pemenang Penghargaan Saidatul Fitriah 2016 akan dimumkan pada acara malam puncak perayaan HUT AJI pada Minggu malam (28/8/2016) pukul 19.00 di . Pemenang penghargaan ini akan mendapat trofi dan uang sebesar Rp1,5 juta.

AJI, kata Yayu, juga akan memberikan Penghargaan Kamaroedin 2016. Nominasi penerima penghargaan ini adalah Hardi Hamzah, Yoke Moelgini, SN Laila, dan Jauhari Jailani.

Malam puncak HUT AJI akan dimeriahkan dengan penampilan musisi Kim Commander, orasi budaya dari seniman Ahmad Yulden Erwin, dan stand up comedy.