Beranda Hukum Kriminal Kapolda Lampung Kaget Ada Pemberitaan Marak Perompakan di Perairan Lampung

Kapolda Lampung Kaget Ada Pemberitaan Marak Perompakan di Perairan Lampung

BERBAGI
Kapolda Lampung, Brigjen Pol Ike Edwin saat memimpin patroli di wilayah perairan Lampung, beberapa waktu lalu.

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Kapolda Lampung  Brigjen Pol Ike Edwin mengaku kaget  dengan adanya pemberitaan mengenai maraknya perompakan di perairan Lampung. Ia pun kemudian  ditindaklanjuti dengan melakukan pengecekan di lapangan.

“Untuk memastikan, kami langsung terjunkan 22 kapal Polair untuk melakukan patroli. Kapal tersebut, ditempatkan di perbatasan perairan antara Lampung dengan Provinsi lain,”kata Ike, Rabu (24/8/2016).

Menurutnya, dengan diterjunkan kapal-kapal Polair tersebut, Ike berharap kedepannya tidak terjadi lagi perompakan di perairan Lampung.

Dikatakannya, mengenai data dari Serikat Nelayan Indonesia (SNI) yang menyatakan, bahwa ada sekitar 250 perompakan yang terjadi di perairan Lampung. Pihaknya sudah lakukan pengecekan ke Polair dan Lanal, namun laporan resmi yang masuk hanya ada dua kasus saja yang diterima. Diakuinya, ada beberapa hambatan yang dihadapi menjaga perairan Lampung. Salahsatunya, kurangnya informasi tentang kedatangan kapal nelayan yang berasal dari luar Lampung.

“Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DPK), kapal yang memiliki izin masih kurang,”ungkapnya.

Selanjutnya untuk hambatan lainnya, kata Jenderal Bintang Satu ini, karena kurangnya jumlah personel dari Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) dan kuota bahan bakar minyak (BBM) sebagai operasional kapal patroli.

“Kedepannya, nelayan yang akan melaut di perairan Lampung untuk memberitahukan keberadaannya sehingga ada penjagaan dari petugas agar tidak terjadi kembali adanya aksi perompakan,”jelasnya.