Beranda Hukum Kriminal Kenakan Baju Berlogo Pelindo II Panjang, Cara Husnan Menipu dan Yakinkan Korban

Kenakan Baju Berlogo Pelindo II Panjang, Cara Husnan Menipu dan Yakinkan Korban

BERBAGI
Tersangka Husnan saat diperiksa polisi, Kamis (1/9/2016).

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya mengatakan, cara tersangka Husnan saat menipu para korbannya, tersangka menawarkan pekerjaan kepada para korban di Pelindo II Cabang Panjang. Untuk meyakinkan korbannya, tersangka mengenakan baju berlogo IPC Port of Panjang.

“Baju berlogo IPC Port of Panjang tersebut, tersangka membuatnya sendiri dengan memesan kepada seseorang,”kata Dery, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, dari 25 orang yang menjadi korban penipuan tersangka, salah satu korbannya adalah Mei Reza Diantara warga Kelurahan Tanjung Agung, Kedaimaian.

Dery mengutarakan, tersangka Husnan menawarkan korban Mei pekerjaan di Pelindo II Panjang sebagai operator alat berat. Namun untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut, syaratnya korban harus menyetorkan uang sebesar Rp 2,5 juta terlebih dulu kepada tersangka.

“Korban mempercayai tersangka, karena setiap Husnan datang ke rumah korban selalu mengenakan baju dengan logo IPC Port of Panjang,”ujarnya.

Merasa percaya tersangka Husnan sebagai karyawan Pelindo, kata Dery, lalu Mei menyerahkan uang kepada tersangka. Untuk lebih meyakinkan korban lagi, Husnan memberikan tenggat waktu kepada Korban untuk menunggu selama satu bulan.

“Setelah ditunggu sesuai yang dijanjikan Husnan, ternyata Mei tidak diterima bekerja di Pelindo II Cabang Panjang. Merasa curiga dan tertipu, korban melaporkanya ke polisi,”terangnya.

Dikatakannya, dari laporan tersebut, petugas melakukan penyelidikan. Setelah diselidiki, korban penipuan Husnan banyak dan terus bertambah. Selain korban Mei, ada korban lainnya yakni Heliyati, Iwang, Doni yang sudah membuat laporan polisi. Selanjutnya, petugas melakukan penangkapan tersangka Husnan di rumahnya.

“Untuk jumlah korban penipuan Husnan, ada sekitar 25 orang. Dari jumlah korban tersebut, 19 korban berada di wilayah Panjang. Disinyalir masih ada korban lain, tapi belum membuat laporan,”jelasnya.

Diketahui, Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polsekta Tanjungkarang Timur, menangkap M Husnan (25) tersangka penipuan yang mengaku sebagai karyawan IPC Pelindo II Pelabuhan Panjang. Polisi menangkap tersangka di rumahnya di Jalan Yos Sudarso, Pidada II, Kelurahan Panjang Utara, pada Rabu (31/8/2016).

Tersangka Husnan melakukan penipuan terhadap 25 orang korbannya, modus penipuannya menawarkan pekerjaan kepada para korbannya di Pelindo II Cabang Panjang dengan syarat menyerahkan sejumlah uang dengan nilai bervariasi hingga mencapai Rp 107 juta.

Dari penangkapan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa lima buah map coklat yang berisikan surat lamaran pekerjaan, satu buah baju dengan logo IPC Port of Panjang, satu lembar kwitansi dan tas ransel.