Beranda Hukum Kriminal Kepergok Mencuri, Warga Tulangbawang Nyaris Tewas karena Diamuk Massa

Kepergok Mencuri, Warga Tulangbawang Nyaris Tewas karena Diamuk Massa

BERBAGI
Ilustrasi

‎Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Sudah jatuh, tertimpa tangga. Inilah yang dialami ‎Sapri (22), warga Desa Kali Miring, Tulangbawang, Kabupaten Tulangbawang. Sudah sepeda motornya dibakar, pemuda‎ lajang itu nyaris tewas diamuk massa akibat kepergok mencuri di Desa Purbasakti, Kecamatan Abung Surakarta‎, Lampung Utara, Kamis (13/10/2016) sekitar pukul 08.00 WIB.

Beruntung, Tim Tekab 308 Polsek Abung Timur‎ segera mengamankan tersangka sehingga nyawa tersangka masih bisa terselamatkan. Namun, kedua rekan tersangka berhasil melarikan diri setelah kepergok sedang beraksi di kediaman Ratni (55).

Menurut ‎Kepala Unit Polsek Abung Timur‎, Bripka Suryanto, nasib nahas yang menimpa tersangka ‎berawal dari kepergoknya aksi ketiga kawanan tersebut saat sedang menyatroni rumah Ratni. Saat itu, rumah Ratni yang berada di RT 1/RW 3 itu dalam keadaan sepi. Baik Ratni maupun keluarganya kebetulan sedang tak ada di rumah.

“Tersangka masuk ke dalam rumah korban melalui jendela setelah sebelumnya merusak jendela tersebut,” ‎kata dia.
‎Namun, saat tersangka sibuk beraksi di dalam rumah, tanpa disangka – sangk‎a, Ratni pemilik rumah pulang usai bekerja di ladang. Pemilik rumah terkejut melihat kondisi jendela yang sebelumnya tertutup rapat dan kini telah terbuka. Merasa ada yang tidak beres dengan rumahnya, korban pun mendekati jendela tersebut.

Melihat korban mendekati jendela yang menjadi akses masuknya, tersangka pun panik kemudian melompat ke luar melalui jendela itu. Tersangka berlari menuju lokasi kedua rekannya yang sebelumnya berjaga – jaga di atas motor untuk mengawasi situasi di sekitar rumah korban. Mendapati ada orang yang tak dikenal ke luar dari jendela, dengan spontan, korban berteriak meminta pertolongan warga sekitar.

“Ketiga tersangka belum sempat tancap gas‎ karena sudah dikepung warga. Karena panik, sepeda motor Honda Revo mereka ditinggalkan di lokasi,” tuturnya lagi.

Ketiga tersangka berpencar ke arah yang berbeda untuk menghindari aksi amuk massa. Malangnya, Sapri yang melarikan diri ke arah RW 2 berhasil dikepung dan ditangkap warga. Setelah sempat menjadi bulan – bulanan warga, tersangka diamankan ke Balai Desa Purbasakti. Di saat bersamaan, sepeda motor tersangka yang ditinggal dibakar oleh warga sekitar.

“Tersangka Sapri dan barang bukti sepeda motor Honda Revo yang telah terbakar dan sebilah golok tanpa gagang sudah diamankan di Polsek,” kata dia.

BACA JUGA: