Beranda Ruwa Jurai Way Kanan Ketua DPRD Imbau Masyarakat Dukung Wujudkan Visi Kabupaten Way Kanan

Ketua DPRD Imbau Masyarakat Dukung Wujudkan Visi Kabupaten Way Kanan

BERBAGI
Kepala KPAD Way Kanan Usman, Ketua DPRD WK Nikman Karim, Kepala Dinas Pendidikan WK Musadi Muharam, Ketua IPI Prov.Lampung Eni Amaliah, Ketua IPI Way Kanan Eko Prasetyo.

TERASLAMPUNG.COM, Way Kanan — Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim, menyatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia mutlak harus dilakukan oleh suatu daerah jika daerah tersebut ingin bersaing dengan daerah itu. Untuk itu, kata Nikman Karim, minat baca masyarakat harus terus digalakkan.

“Apalagi bagi Kabupaten Way Kanan yang bupatinya memiliki visi mewujudkan kabupaten yang maju dan berdaya saing. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan peran masyarakat atau organisasi untuk mencapai visi tersebut,” kata Nikman Karim, dalam seminar yang diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Way Kanan, Senin (26/9/2016).

Di depan ratusan mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Way Tuba dan STAI Al-Ma’arif Baradatu itu Nikman menegaskan,  mahasiswa sebagai calon kaum intelektual jangan kalah dengan dirinya yang sama sekali tidak mengenyam bangku kuliah namun bisa duduk sebagai Ketua DPRD.

“Saya ini bisa dibilang bukan anak sekolahan. Saya tidak mengenyam bangku kuliah. Namun saat ini akhirnya saya bisa menjabat sebagai Ketua DPRD kabupaten Way Kanan. Ini maksudnya adalah mahasiswa sebagai salah satu aset bangsa jangan sampai kalah dengan saya. Mahasiswa harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan membiasakan membaca agar transfer ilmu dan informasinya dapat diaplikasikan dengan baik saat terjun langsung di dalam masyarakat,” katanya.

Nikman mengapreasiasi IPI sebagai organisasi yang peduli terhadap dunia pendidikan dan rela  memberikan bimbingan dan pelatihan kepada kelompok masyarakat di Way Kanan.

“Saya minta dengan sangat kepada IPI Way Kanan untuk dapat terus melanjutkan kegiatan semacam ini. Sebab, kalau hanya dilakukan di satu kali dan di satu tempat, akan sulit untuk menciptakan dampak literasinya. Way Kanan punya 14 kecamatan yang harus diberikan informasi dan ilmu yamng bermanfaat khususnya bidang literasi, agar SDM-nya menjadi lebih baik. Saya dan anggota dewan lain pasti akan support dan mendukung kegiatan literasi ini,”ujar anggota DPRD dari kecamatan Baradatu ini.

Selain Ketua DPRD, turut memberikan masukan dalam acara tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan Way Kanan Musadi Muharam yang akan bersedia memfasilitasi kegiatan IPI di kecamatan-kecamatan.

“Setiap bulan kalau di UPTD itu ada yang namanya MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), nah kalau bisa IPI bisa berkesempatan untuk memberikan seminar kepada seluruh kepala sekolah agar budaya literasi dan minat baca lewat perpustakaan lebih optimal,” kata Musadi Muharam.

Senada juga disampaikan Kepala KPAD, Usman, yang akan mengundang IPI Way Kanan untuk terlibat dan membantu program KPAD dalam pengembangan perpustakaan.

“Kami mungkin akan banyak mengundang IPI untuk mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan pengembangan perpustakaan. Karena kami juga perlu masukan yang membangun untuk memajukan perpustakaan di Way Kanan ini,”kata Usman.

Sementara itu, Ketua IPI Way Kanan Eko Prasetyo, mengaku berterima kasih kepada pihak-pihak yang akan membantu dalam menyebarkan gerakan literasi di kabupaten Bumi Ramik Ragom itu.

“Kepada Ketua DPRD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala KPAD tentu saya berterimaksih karena kekompakan semua unsur seperti inilah yang sejak lama IPI harapkan. Karena mewujudkan budaya literasi tidak bisa dilakukan hanya oleh segelintir orang saja, namun harus melibatkan semua stake holder yang ada. Semoga kedepan dukungan dari DPRD, Dinas Pendidikan dan KPAD dapat memicu pihak lain untuk turut mensuskseskan budaya literasi di Way Kanan,”papar Eko.