Beranda News Khaidir Bujung: Perlu Psikolog untuk Dampingi Jamaah Haji

Khaidir Bujung: Perlu Psikolog untuk Dampingi Jamaah Haji

BERBAGI
Khaidir Bujung

TERASLAMPUNG.COM, Mekkah — Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Khaidir Bujung menilai pentingnya keberadaan psikolog sebagai pendamping dalam penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini diungkapkan Bujung menyingkapi banyaknya jemaah haji yang jenuh bahkan stres ingin cepat pulang ke Tanah Air.

“Keberadaan psikolog itu penting, karena kesehatan jamaah itu selain fisik juga psikis atau mentalnya juga harus baik,”kata Khaidir Bujung, di Mekkah, Saudi Arabia, Senin (26/9).

Menurut  Khaidir Bujung jamaah haji yang mengalami stres karena disebabkan banyak faktor. Antara lain karena  waktu yang lama (40 hari), jarak tempuh yang jauh, usia lanjut, komunikasi yang sulit dan mahal dengan keluarga, ketidakmampuan bahasa, dan biaya hidup yang tinggi di Arab Saudi.

“Kerupuk saya di sini harganya 3 sampai 5 real (1 real = Rp 4000). Sementara itu, kemampuan finansial jemaah haji Indonesia umumnya rata-rata (sedang),” katanya.

Selain itu, lanjut Bujung, dokter psikolog penting juga untuk jadi pendamping agar jamaah haji jadi batal ibadahnya karena secara syariat jiwanya terganggu karena stres .

“Karena stres atau kejiwaannya terganggu maka jamaah haji tidak punya kewajiban shalat, puasa dan lain lain,” katanya.