Beranda Views Kisah Lain Otak-atik Kata “Indonesia”, Hasilnya pun Ajaib

Otak-atik Kata “Indonesia”, Hasilnya pun Ajaib

BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kata “Indonesia” sebenarnya sederhana. Kata yang menunjuk ke referens ‘gugusan pulau dari Sabang hingga Merauke yang pernah menjadi wilayah penjajan Belanda” itu ternyata baru muncul pada abad ke-19, tepatnya dalam kisaran tahun 1800-an.

Bangsa kian tergambar jelas ketika para pemuda pada 28 Oktober 1928 mengikrarkan Sumpah Pemuda. Sebelumnya, nama lain untuk menunjuk referens “Indonesia” antara lain adalah Nusantara, Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie), Kepulauan Hindia, dan Dwipantara.

Dari berbagai literatur diketahui bahwa nama Indonesia pertama kali  diperkenalkan oleh James Richardson Logan (1819-1869) tahun 1847 dalam Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia, sebuah jurnal yang terbit di Singapura.

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, melalalui pernyataan Proklamasi oleh pemuda Soekrno dan Mohammd Hatta.

Nah, di balik kata Indonesia dan sejarah panjangnya, banyak orang membuat otak-atik tentang kata Indonesia dan 17 Agustus 1945. Otak-atik itu pun kini kembali menyebar di media sosial.

Disebutkan dalam ‘otak-atik’ itu bahawa kata “INDONESIA” ada ‘keajaibannya’. Misalnya:

I : 9 (artinya huruf ke-9)
N : 14
D : 4
O : 15
N : 14
E : 5
S : 19
I : 9
A : 1

Dari semua angka dalam kata “INDONESIA” yang muncul hanya angka 1-9-4-5.  Lalu otak-atik dilanjutkan seperti ini: angka 9 yang banyak diyakini orang sebagai angka keberuntungan. Perhatikan jumlah huruf untuk hal yang berkaitan dengan sejarah Indonesia.

INDONESIA = INDONESIA = Total huruf 9 Huruf
NUSANTARA = 9 Huruf
SRIWIJAYA = 9 Huruf
MAJAPAHIT = 9 Huruf
GAJAHMADA = 9 Huruf
SANSKERTA = 9 Huruf
BOROBUDUR = 9 Huruf
PRAMBANAN = 9 Huruf
DEMOKRASI = 9 Huruf
PANCASILA = 9 Huruf

Orang Indonesi memang suka ‘otak-atik’ angka. Orang Jawa menyebut “otak-atik gathuk” (serba pas dan kebetulan). Otak-atik pun dilakukan netizen baru-baru ini ketika pebulutangkis Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir meraih emas di Olimpiade Rio Dejaneiro, Brasil, Rabu tengah malam (17/8/2016).

Menurut netizen, Tontowi/Lilyana memberikan kado terindah untui bangsa Indonesia yang sedang merayakan HUT ke-71 RI. Kata netizen di grup WhasApps: Tinggal tiga menit hari Rabu 17 Agustus 2016 berlalu — pukul 23.57 wib semalam — Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menghadiahkan kado terindah untuk kemerdekaan: medali emas Olimpiade Rio! Indonesia yang kelelahan seusai seharian merayakan hari kemerdekaan pun menutup hari dengan tidur yang pulas. Dan bukan kebetulan laga itu menghabiskan 17 buah shuttle-cock serta berlangsung selama 45 menit. Indonesia Raya berkumandang. Merah putih dikerek paling atas, di bawahnya bendera Malaysia dan Tiongkok. Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir adalah padu-padan Indonesia dalam arti sebenar-sebenarnya.