BERBAGI
Marsudi, salah satu tukang jagal dalam pembunuhan M. Jaya Pratama (13) saat menjalani persidangan di PN Kotabumi, Selasa (4/10/2016).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Marsudi, Nurhadi, dan Giyarso — terdakwa kasus pembunuhan  M. Jaya Pratama (13), bocah kelas VI SD di Dusun 2, Sukadana Ilir, Bunga Mayang, Lampung Utara– “hanya” mendapat tuntutan hukuman 20 tahun penjara oleh pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU). Tuntutan ini disampaikan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kotabumi, Selasa (4/10).

“Terdakwa terbukti melakukan pembunuhan secara bersama – sama. Dan menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 20 tahun dipotong masa tahanan,” kata Rafl, salah satu JPU di hadapan majelis hakim yang diketuai Khoiruman Pandu K. Harahap.

BACA: Ditangkap di Jateng, Otak Pembunuhan-Penyulut Rusuh Lampura Sempat Bikin Polisi Khawatir

Berdasarkan fakta persidangan dan keterangan saksi yang dihadirkan, kata Rafi, ketiga terdakwa terbukti melakukan pembunuhan terhadap M Jaya Pratama, hal itu sesuai dengan dakwaan primer yakni pasal 340 Jo pasal 55 (1) ke 1-2 KUHP. Oleh karena itu, ketiga terdakwa layak mendapat tuntutan 20 tahun penjara akibat perbuatannya. Tuntutan ini berdasarkan beberapa pertimbangan yakni yang memberatkan dan meringankan.

Rumah-rumah yang dibakar di Desa Sukadana Ilir, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara, Selasa (2/2/2016).
Rumah-rumah yang dibakar di Desa Sukadana Ilir, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara, Selasa (2/2/2016).

Pertimbangan yang memberatkan, imbuh Rafi, yakni perbuatan terdakwa menyebabkan M. Jaya Pratama meninggal dunia dan menimbulkan efek negatif sehingga berujung kerusuhan warga, dan menyebabkan orang tua korban merasa terpukul atas meninggalnya M. Jaya Pratama.

BACA: Ditangkap! Inilah Penampakan Dalang Pembunuhan Siswa SD, Penyulut Rusuh Lampung Utara

“Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum,” urai dia.

Sidang pembunuhan yang cukup menyedot perhatian ini akan kembali dilanjutkan pada tanggal 12 Oktober 2016 mendatang dengan agenda pembelaan atas tuntutan Jaksa.

BACA JUGA: Rusuh Lampung Utara, Giyarso Bantah Suruh Mursadi dan Nurhadi Membunuh Jaya Pratama

Ikuti Perkembangan Berita: Rusuh Lampung Utara

LEAVE A REPLY