Beranda Ruwa Jurai Pusiban Pakai Dana APBN, Pemprov Lampung akan Bangun Dua Ribu Rumah Layak Huni

Pakai Dana APBN, Pemprov Lampung akan Bangun Dua Ribu Rumah Layak Huni

Share Thiis
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube

TERASLAMPUNG.COM — Program Sejuta Rumah yang baru diumumkan pemerintah pusat Rabu petang (24/8/2016), langsung disambut Pemerintah Provinsi Lampung.

Pemprov Lampung dalam rilisnya, Kamis (25/8/2016) mengatakan akan mewujudkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam bentuk 2.000 unit rumah layak huni di 36 Desa/Kelurahan di  8 Kabupaten/Kota di Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan bantuan rumah susun bagi Pondok Pesantren untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana pendidikan keagamaan. Bantuan ini berlokasi di 3 Kabupaten/Kota yaitu Kota Metro, Lampung Tengah dan Lampung Timur,” kata Plt Sekda Provinsi Lampung, Sutono, pada peringatan Hari Perumahan Nasional (HPN) Tahun 2016, di Lapangan Muji Rahayu Kecamatan Seputih Agung – Lampung Tengah, Kamis (25/8/2016).

BACA: Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi XIII, Pemerintah Bangun Satu Juta Rumah

Menurut Sutono, Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memperhatikan masyarakat pesisir yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Yakni melalui program pembangunan rumah khusus bagi nelayan di Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Mesuji sebanyak 112 unit rumah.

“Bantuan di bidang perumahan ini kiranya dapat meringankan beban masyarakat untuk meningkatkan kualitas rumah dan kepemilikan rumah layak huni. Sehingga jumlah rumah tidak layak huni dan masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah di Provinsi Lampung dapat berkurang secara bertahap,” kata Sutono.

Kepala Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung, Edarwan, mengatakan  bantuan yang diserahkan dalam Hari Perumahan Nasional (HPN) 2016 berupa buku rekening Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (Kab.Lampung Tengah 350 unit, Lampung Utara 337 Unit, Lampung Barat 370 Unit, Pringsewu 334 Unit, Mesuji 346 Unit, Kota Metro 259 Unit). Bantuan Rumah Susun Pondok Pesantren Al Hikamus SaIafiah Kab. Lamteng.

Bantuan Rumah Susun Pondok Pesantren Ma’had AIiy Kota Metro. Selain itu, bantuan Rumah Susun Pondok Pesantren Al Madinah Lampung Timur, Bantuan Rumah Khusus Nelayan Kabupaten Pesisir Barat, Bantuan Rumah Khusus Nelayan Kabupaten Mesuji serta penyerahan Alat Berat Bulldozer Persampahan kepada Kabupaten Tulang Bawang.

Acara juga dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti SPAM IKK KAB. Way Kanan dan Lambar, Penandatanganan Prasasti Penataan Kota Hijau Kawasan Islamic Center kab. Lamtim, Penandatanganan Prasasti Pembangunan IPLT Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus.

loading...