Beranda Seni Sastra Pemusik Bob Dylan Raih Nobel Sastra 2016

Pemusik Bob Dylan Raih Nobel Sastra 2016

BERBAGI
Bob Dylan (Foto: dok Reuters)

TERASLAMPUNG.COM — Untuk pertama kalinya, penghargaan Nobel Sastra diberikan kepada pemusik. Kali ini pemusik kelas dunia yang mendapatkan pengharhaan Nobel Sastra adalah Bob Dylan. Pengumuman penghargaan Nobel Sastra 2016 untuk Bob Dylan dilakukan oleh Swedish Academy pada Kamis (13/10).

Dylan berhak atas hadiah sebesar 906,000 dolar AS atau Rp11,8 miliar. Untuk mendapatkan penghargaan bergengsi itu, ia bersaing dengan sastrawan top dunia seperti novelis Donald Richard DeLillo (AS), Ngugi wa Thiong’o, Haruki Murakami, Adonis,  Salman Rusdie, dan Milan Kundera

Hadiah Nobel Sastra diberikan kepada pemusik berusia 75 tahun itu karena dia dinilai telah memberi kontrbusi dalam gaya menulis puitis baru dalam tradisi lagu Amerika.

Sekretaris Swedish Academy, Sara Danius menyebutkan lagu-lagu Dyan ‘sangat puitis di telinga’. Bob Dylan dianggap publik musik dunia menjadi seorang ikon. Pengaruhnya dalam musik kontemporer sangat besar dan penting.

Bagi pemerhati penghargaan Nobel, munculnya nama Bob Dylan sebagai peraih Nobel tidak begitu mengejutkan. Sebab, pria yang masih terlihat flamboyan di usia senjata itu beberapa kali pernah menjadi calon peraih Nobel tahun, meskipun tidak pernah menjadi unggulan.

Terpilihnya Bob Dylan mengejutkan  banyak pihak. Pasalnya, dia bukanlah sastrawan. Salah satu yang terkejut adalah sastrawan Ahmad Yulden Erwin.

Erwin mengaku  ragu apakah panitia Nobel Sastra sudah berubah dari panitia penghargaan sastra dunia menjadi panitia penghargaan musik Grammy Award di Amerika Serikat.

“Mestinya, kalau mau beri penghargaan Nobel Sastra kepada penyair Amerika Serikat, maka Allen Ginsberg (guru dari Bob Dylan dan penyair pelopor gerakan puisi Beat) yang layak mendapatkan penghargaan Nobel Sastra sebelum tahun 1997,” katanya.

Tahun lalu, penghargaan Nobel Sastra diberikan pada pengarang asal Belarusia, Svetlana Alexievich, atas tulisan dokumenter dengan gaya bercerita naratifnya.