Beranda Hukum Kriminal Petugas Ronda Malam Gagalkan Aksi Pencurian

Petugas Ronda Malam Gagalkan Aksi Pencurian

BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Ilustrasi

BANDARLAMPUNG – Kegiatan ronda malam yang dilakukan oleh warga masyarakat Kota Bandarlampung di setiap Kelurahan, memang berdampak positif bagi masyarakat. Yang terjadi  di Kelurahan Tanjung Raya, Kecamatan Tanjungkarang Timur, Bandarlampung, misalnya, petugas ronda malam berhasil mengagalkan aksi pencurian yang dilakukan oleh lima orang pemuda tak dikenal. Mereka kepergok petugas ronda saat sedang mencuri sebuah helm di salah satu rumah warga di Kelurahan tersebut.

Awalnya, petugas ronda melihat gerak-gerik lima orang yang mencurigakan keluar masuk dari sebuah rumah warga. Peronda  itu pun langsung mengejarnya dan akhirnya dapat tertangkap..

Menurut salah satu petugas ronda malam, Uccu yang bertemu dengan teraslampung. com disebuah warung kopi mengatakan, bahwa semalam ditempatnya ada kejadian pencurian saat dirinya tengah berjaga malam di lingkungan tempatnya tinggal dan aa mengaku mengetahui adanya aksi pencurian tersebut.

Saat kejadian pencurian tersebut, saat itu ia tengah tengah berkeliling melihat situasi di daerah lingkungannya tempatnya berjaga malam pada Sabtu (1/8) dinihari. Namun selang taklama kemudian, ia mendengar ada suara jeritan seseorang teriakan maling.

“Saya dengar ada yang teriak “maling”. Saat itu juga saya langsung menuju ke lokasi dan mencari tempat teriakan itu. Ternyata, rekan saya bernama Oot (penjaga malam) sudah mengamankan mereka (para pelaku) yang berjumlah lima orang,” kata Uccu, Senin (3/8).

Dari tangan para pelaku, kata dia, ia bersama rekannya itu juga mengamankan satu buah helm milik warga yang sudah dicuri oleh para pelaku.

“Saya sangat apresiasilah dan salut sama teman ronda saya yang namanya Oot. Saat itu Oot hanya sendirian berkeliling, tapi bisa menggagalkan lima orang pencuri itu. Kalau dilihat, para pelakunya sih masih tergolong anak-anak,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, ia bersama rekannya langsung mengubungi petugas Bhabinkamtibmas setempat. Tak lama kemudian, petugas kepolisian dari Polsekta Tanjungkarang Timur langsung datang ke ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

“Para pelaku yang berjumlah lima orang, malam itu juga sudah dibawa ke kantor Polisi Polsekta Tanjungkarang Timur. Mereka (pelaku) kalau pengakuannya, orang Garuntang semua. Kita nggak tahu mereka ini mau mencuri apa, tapi yang ketahuan mereka baru mengambil helm milik warga,” terangnya.

Sementara itu, menurut salah satu petugas di Mapolsekta Tanjungkarang Timur, membenarkan adanya aksi pencurian yang terjadi di Kelurahan Tanjung Raya tersebut dan para pelakunya berhasil digagalkan oleh petugas ronda malam.

“Yah benar ada lima orang yang diamankan, kelima orang yang diamankan ini diduga mencuri satu buah helm milik warga. Saat melakukan pencurian itu, mereka ketahuan oleh petugas ronda malam yang saat itu sedang berkeliling,”kata salah seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.