Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Program Ronda Bupati Mustafa Diapresiasi Kapolda Lampung

Program Ronda Bupati Mustafa Diapresiasi Kapolda Lampung

BERBAGI
Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin menyambangi pos ronda di Bumi Aji, Lampung Tengah, Minggu dini hari (28/8/2016).

TERASLAMPUNG.COM — Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin mengapresiasi program rionda yang digulirkan Bupati Lampung Tengah, Mustafa. Aprasiasi itu diungkapkan Ike ketika menyambangi para peronda di Kampung Bumi Aji, Lampung Tengah, Minggu dini hari (28/8/2016).

Kapolda dan Bupati Lamteng  mengunjungi salah satu Poskamling dan berdiskusi dengan warga.

“Program ronda  harus didukung karena bisa mewujudkan keamanan. Ini merupakan aksi nyata yang harus dijadikan teladan bagi kepala daerah lainnya di Indonesia khususnya Lampung, agar mau terjun langsung menjawab keresahan warganya,” kata Ike.

Menurut Kapolda, ronda menjadi jawaban atas keresahan warga Lamteng yang mengharapkan keamanan di wilayahnya.

“Jarang sekali seorang pemimpin mau menyempatkan waktunya untuk ronda. Ini satu-satunya bupati di Indonesia yang mau turun melihat pos kamling dan ronda bersama masyarakatnya,” kata Kapolda didampingi Bupati Mustafa dan Kapolres Lamteng AKBP Dono Sembodo.

“Kita doakan ditahun 2017 dapat penghargaan dari Kapolri. Karena ronda dan siskamling itu terkait keamanan dan hal tersebut berkaitan dengan kepolisian,” Kapolda menambahkan.

Dengan adanya partisipasi warga, Kapolda optimistis akan meningkatkan keamanan di Lampung khususnya di Lampung Tengah. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mustafa dan warga Lampung Tengah yang telah berpartisipasi mewujudkan keamanan di Lampung.

“Keamanan menjadi tugas pokok kepolisian, namun disini kami sangat terbantu dengan adanya partisipasi warga. Mudah-mudahan budaya ronda dapat ditularkan di kabupaten/kota lainnya sehingga Lampung benar-benar aman,” kata Kapolda.

Bupati Lamteng Mustafa menuturkan ronda menjadi langkah paling efektif dalam meningkatkan keamanan di Lampung Tengah. Sebagai kabupaten terluas di Lampung, tidak mudah menjaga keamanan di 28 kecamatan di Lamteng. Untuk itu dibutuhkan peran masyarakat untuk membantu kepolisian untuk meningkatkan keamanan.

“Ronda adalah budaya lokal yang harus dilestarikan. Melalui ronda saya ingin menghidupkan kembali marwah kearifan lokal nusantara. Kami targetkan tahun depan kami akan membangun 2017 poskamling yang akan tersebar di seluruh dusun di Lamteng,” jelasnya.

Kapolda sempat memberikan cendera mata ke salah satu poskamling yang dikunjungi. Bupati dan kapolda juga membaur bersama warga membakar singkong yang menjadi salah satu kebiasaan warga saat siskamling. Ronda dilanjutkan ke kampung lainnya di Kecamatan Anak Tuha oleh Bupati Mustafa.