BERBAGI
Uang pelicin proyek desa di Lampung Utara
Direktur CV. Sanak Tigo Mebbay, Husen (kedua dari kanan) meluapkan kekesalannya akibat nyaris menjadi korban pungutan liar.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Aman, Ketua Kelompok Tani di Desa Negara Bumi, Sungkai Tengah, Lampung Utara membenarkan adanya permintaan uang “pelicin” yang dilakukan oknum Kepala Desa kepada Direktur CV. Sanak Tigo Mebbay, Husen.

‎Menurutnya, permintaan uang sebesar Rp1.500.000 kepada Husen, rekanan yang mengerjakan proyek irigasi di Desanya tersebut memang tak secara langsung dilakukan oleh oknum Kepala Desanya, Ishak melainkan melalui perantara Sekretaris Desa yang bernama Deni.

Denilah yang menyampaikan kepadanya permintaan uang sebesar itu melalui sambungan telepon. Kebetulan, saat Deni menelpon, dirinya sedang bersama Husen di kediamannya. Kala itu, Husen membahas keengganan Ishak menandatangan‎i surat keterangan persetujuan proyek yang baru selesai dikerjakannya tanpa alasan yang jelas.

“Sekdes memang telepon saya yang membicarakan permintaan sebesar Rp1,5 juta kepada pak Husen. Permintaan ini adalah instruksi dari Kades melalui SMS kepadanya,” tuturnya.

Percakapan yang berisikan permintaan uang sebesar Rp1,5 juta ini, imbuh Aman lagi, didengar langsung oleh Husen karena suara ponsel miliknya menang nyaring suaranya. ‎Husen secara jelas mendengar isi percakapan dirinya dengan Sekretaris Desanya.

“Suara speaker hp saya memang besar makanya saat dia nelpon saya, Husen mendengarnya juga dengan jelas,” terangnya.

Sementara mengenai kualitas pekerjaan proyek yang dikerjakan Husen, menurut Aman, pekerjaan itu telah sesuai dan bahkan banyak melibatkan warga sekitar. Belum lagi, Husen dengan suka rela menuruti keinginan warga sekitar yang menginginkan perbaikan itu di luar volume yang telah ditentukan. Alhasil, panjang irigasi yang diperbaiki Husen menjadi 144 meter dari 80 meter yang diharuskan.

‎”Pekerjaannya sudah sesuai. Warga enggak ada yang protes. Malahan pak Husen mau membantu kami untuk memperbaiki saluran irigasi di luar panjang yang telah ditentukan,” urai dia.

LEAVE A REPLY