Beranda Views Inspirasi Rusiana Makki, Sukses Berkat Menekuni Kerajinan Kain Tapis Lampung

Rusiana Makki, Sukses Berkat Menekuni Kerajinan Kain Tapis Lampung

BERBAGI
Rusiana Makki

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Dalam dunia bisnis kain tapis Lampung, nama Rusiana Makki tidak bisa dilupakan. Rusiana termasuk  pengrajin tapis sekaligus kolektor kain tapis kuno yang masih eksis hingga saat ini. Rusiana sendiri sebenarnya ibu rumah tangga biasa. Sejak 1980-an dia sudah hobi mengoleksi tapis kuno.

Rusiana mengaku, awal membuka usaha kain tapis, sebenarnya Rusiana tidak banyak tahu tentang cara membuat tapis. Mula-mula ia membeli tapis hasil kerajinan para pengrajin lalu. Tapis-tapis itu pun ditambahi dengan berbagai pernik lainnya kemudian dijual kembali.

Setelah yakin usaha tapis berprospek cerah, pada 1996 Rusiana mulai usaha kerajinan tapisnya dengan  beberapa pengrajin. Kini, usaha kerajinan tapis yang dikelola Rusiana memperjakan 30-40 pengrajin. Selain di Bandarlampung, para pengrajin yang bekerja untuk Rusiana tinggal di Talangpadang, Kabupaten Tanggamus.

Untuk merekrut para pekerja, perempuan yang lahir di Sukadana, Lampung Timur, pada 19 Januari 1948 ini biasanya mengajari para pengrajin itu menyulam kain tapis selama seminggu. Yang mengajar adalah para pengrajin ya sudah senior.

Bagi kalangan menengah atas di Lampung, pemilik Galeri Tapis ”Tangan Emas” ini terkenal sebagai produsen tapis modern. Sudah banyak pejabat dan orang penting di Lampung yang membeli kain tapis dan segala peralatan untuk keperluan upacara adat pengantin Lampung dari Rusiana.

Usaha tapis Rusiana pun berkembang pesat. Kini omzetnya mencapai Rp 30-50 juta/bulan.

Sumber: Oyos Sasroso HN, Tapis: Keindahan Tiada Akhir