Beranda News Saat di Armina, Para Jamaah Haji Indonesia Diimbau Bawa Bekal Minuman yang...

Saat di Armina, Para Jamaah Haji Indonesia Diimbau Bawa Bekal Minuman yang Cukup

BERBAGI
Petugas memasang tenda di Arafah. (Foto: Kemenag)

TERASLAMPUNG.COM — Mendekati masa puncak haji, yakni wukuf di Arafah, jamaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arafah dari pemondokan masing-masing. Pemberangkatan akan ┬ádimulai Jumat (9/9/2016) pagi Waktu Arab Saudi (WAS) menggunakan bus.

Setiap maktab disiapkan 21 bus yang akan mengangkut jamaah ke Arafah dalam tiga tahapan.

“Karena cuaca sangat panas, dalam setiap perpindahan, jemaah agar tidak lupa membawa minuman. Dari Makkah menuju Arafah, bawa minuman. Dari Arafah ke Mudzalifah bawa minuman. Dan Dari Mudzalifah ke Mina juga membawa minuman. Meski satu botol, itu untuk menghilangkan haus dan panas,” imbau Kepala Bidang Transportasi, Cholid Suhban, belum lama ini.

Jamaah haji Indonesia juga diimbau untuk tertib dan menaati jadwal yang sudah disepakati. Kepatuhan akan jadwal sangat penting untuk membantu kelancaran angkutan.

“Sebab, pada saat yang sama, seluruh jemaah haji dari berbagai duni ayang jumlahnya jutaan orang juga bergerak menuju tempat yang sama.Kalau saling berebut dan tidak taat jadwal, angkutan justru tidak lancar dan tidak sampai ke tujuan,” katanya.

“Terakhir, jemaah agar tetap berada di regu dan rombongan, tidak ambil inisiatif sendiri. Jadi (bergerak) sesuai yang disepakati bersama sesuai dengan regu dan rombongan,”Subhan menambahkan.

Pemberangkatan jemaah dari pemondokan akan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama, jemaah diberangkatkan pada pukul 07.00- 11.30 waktu Arab Saudi (WAS).

Karena hari Jumat, tahap kedua baru akan dimulai setelah Jumat, kira-kira pukul 13.00 sampai 16.00. Adapun tahap terakhir, dari jam 16.00 sampai 12 malam atau sampai selesainya jamaah terangkut semua ke Arafah.