Beranda Hukum Kriminal Satu dari Empat Pembegal Kades Taman Jaya Lampung Utara Dibekuk Polisi

Satu dari Empat Pembegal Kades Taman Jaya Lampung Utara Dibekuk Polisi

BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Ilustrasi

KOTABUMI–Polres Lampung Utara membekuk satu dari empat tersangka pembegal motor Kepala Desa Taman Jaya, M. Isnain, di kediamannya, Senin (7/9) sekitar pukul 01:45 WIB.

Aksi pembegalan yang dilakukan Akhmad (35) bersama ketiga rekannya ini terjadi pada Jumat (4/9) sekitar pukul 05:15 WIB. Warga Desa Taman Jaya, Kotabumi Selatan itu terpaksa dihadiahi timah panas di kedua kakinya oleh petugas lantaran mencoba kabur saat akan ditangkap.

“Tersangka mencoba kabur dan tak mengindahkan tembakan peringatan sehingga kami harus ambil tindakan tegas,” terang Kanit Resmob Polres Lampung Utara, Inspektur Dua Aris Satrio, Senin (7/9).

Penangkapan tersangka ini berawal dari keterangan saksi korban yakni Kepala Desa yang sempat mengenali beberapa pelaku yang merampas motor yang baru diberikan Pemkab pada Senin pekan lalu. “Kadesnya (korban) mengenali benar dua dari pelaku dari empat pelaku yang bawa kabur motornya,” kata dia.

Berawal dari informasi tersebut, pihak Kepolisian lantas menyusuri kediaman tersangka setelah sebelumnya memperoleh informasi jika tersangka Akhmad sedang di rumahnya. Sayangnya, tersangka tak kooperatif (kerjasama) sehingga harus dilumpuhkan dengan peluru panas.

“Luka tersangka Akhmad sudah diobati, dan dimintai keterangan sementara oleh penyidik,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan sementara, Akhmad tak membantah ia dan ketiga rekannya yang melakukan pencurian di rumah Hasanudin termasuk membegal motor Kades Taman Jaya yang mencoba mengejar mereka usai mencuri. Tersangka berdalih dirinya tergiur melakukan aksi kejahatan itu karena terdesak hutang.

“Barang bukti yang diamankan yakni satu bilah golok, satu lembar baju, satu potong celana pendek (sementara barang bukti motor belum diketahui keberadaannya). ketiga rekan pelaku masih dalam pengejaran,” tegas dia.

Peristiwa pembegalan motor Kades Taman Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan ini bermula saat Akhmad dan ketiga rekannya melakukan pencurian di rumah Hasanudin pada Jumat (4/9) sekitar pukul 05:15 WIB.

Aksi pencurian para tersangka terpergok oleh Hasanudin yang langsung meminta bantuan Kades Taman Jaya untuk mengejar para pelaku dengan menunggangi motor Yamaha Vixio BE 8972 RY yang merupakan motor inventaris Kades Taman Jaya. “Saya langsung ke rumah pak Kades minta tolong (mengejar para pelaku,” kisah Hasanudin.

Sesampainya di jalan raya Desa Talang Dungkul, Abung Pekurun, para pelaku yang mengetahui tengah dikejar oleh keduanya langsung memberhentikan kendaraannya. Salah satu pelaku yang membawa senjata api langsung memuntahkan pelurunya sebanyak satu kali. Sementara ketiga rekan pelaku pun turut mengacungkan parang yang ada di tangan mereka masing – masing.

Merasa terancam, Hasanudin dan M. Isnain pun langsung turun dari motor dan lari menyelamatkan diri. Alhasil, para pelaku pun dengan leluasa membawa kabur motor Yamaha baru tersebut.