Beranda Views Opini Selamat Datang Kapolda Antinarkoba

Selamat Datang Kapolda Antinarkoba

BERBAGI

Budi Hutasuhut

Akhirnya, memang, Kapolda Brigjend Pol Ike Edwin, tak jadi dapat tambahan bintang. Sebelum Polda Lampung resmi jadi tipe A, ia sudah dimutasi menjadi Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Kasespimma) Polri Lemdikpol. Posisi baru itu memang jatah perwira tinggi Polri berbintang satu.

Sebulan terakhir, perkara mutasi di lingkungan Mabes Polri memang jadi perbincangan di tingkat perwira. Kapolri Jenderal Tito Karnivian diisukan akan mengisi gerbong yang diusungnya dengan orang-orang muda yang bervisi moderen.

Orang tua yang bervisi moderen juga ikut, tentu. Yang jadi pilihan, mereka yang bervisi modern soal kepolisian dan pemolisian. Meskipun, sebetulnya, posisi para perwira tinggi di Mabes Polri sangat kuat dipengaruhi kebijakan politik.

Orang boleh menilai apa saja, tapi saya melihat sosok pengganti seorang Kapolda cenderung dikaitkan dengan persoalan besar yang terjadi di wilayah operasional bersangkutan. Asumsi ini dikaitkan karena Polda adalah ujung tombak kepolisian dan pemolisian. Semua persoalan kemanan dan ketertiban berputar-putar di lingkungan Polda.

Belum lama Kapolda Ike Edwin “angkat tangan” atas banyaknya anggota Polri di lingkungan Polda Lampung yang terlibat kasus narkoba. Bahkan, Brigjen Ike Edwin bersemangat akan memberi hadiah kepada siapa saja yang mau melaporkan polisi yang terlibat narkoba.

Soal ini menjadi perkara serius, karena memberantas narkoba salah satu bidang yang ingin dihancurkan Kapolri Tito Karnivian. Selain masalah terorisme, tentunya. Tidak heran bila Kapolri kemudian memilih Brigjen Pol Drs. Sudjarno, SH untuk menggantikan Brigjen Pol Drs. Ike Edwin sebagai Kapolda Lampung.

Pasalnya, perwira tinggi alumni Akpol Tahun 1984 ini dikenal “antinarkoba”. Dia pernah menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya dan terlibat dalam sejumlah kasus “penghancuran” jaringan narkoba. Pengalaman dari Jakarta itu, sangat bermanfaat bila dipakai di Lampung. Sebab, Lampung adalah daerah penyangga Jakarta dalam peredaran narkoba.

Selamat datang Kapolda antinarkoba di Lampung. Jika perkara narkoba bisa selesai di Lampung, semoga Anda akan terus bertahan hingga Polda Lampung diresmikan jadi tipe A. Itu berarti, hadiah satu bintang menunggu Brigjen Pol Drs. Sudjarno, SH. Semoga.

*Seorang  nahdliyin dan jurnalis. Penulis buku Ulat di Kebun Polri

BACA JUGA:

Share Thiis
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Reddit
Share On Stumbleupon
Share On Youtube