Beranda Hukum Kriminal Tak Punya Pekerjaan Sekeluarnya dari Penjara, Dua Pemuda Asal Lamtim Ini Kembali...

Tak Punya Pekerjaan Sekeluarnya dari Penjara, Dua Pemuda Asal Lamtim Ini Kembali Curi Motor

BERBAGI
Kapolresta Bardarlampung, AKBP Murbani Budi Pitono (kiri) didampingi Kasat Reskrim Kompol Deden Heksa Putra (tengah) saat mengintrogasi tersangka curanmor asal Lamtim.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Ivan (23) dan Sobri (22) warga Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur mengaku hanya lima kali mencuri sepeda motor. Mereka mengaku terpaksa mencuri karena setelah keluar dari penjara tidak memiliki pekerjaan.

Pencurian  mereka lakukan antara lain di daerah Palapa, Rumah Makan Puti Minang di Jalan Jenderal Sudirman, Pahoman dan di beberapa tempat lainnya di Bandarlampung.

Tersangka Sobri mengatakan, saat melakukan aksinya, ia selalu bersama dengan Ivan dan perannya sebagai eksekutor mengambil motor korban pakai kunci letter T. Sedangkan Ivan, menunggu diatas motor dengan mengawasi situasi sekitar.

“Selain pakai kunci letter T, saya juga bawa tang untuk persiapan kalau motor yang mau dicuri digembok sama pemiliknya,”ujar Sobri, Senin (10/10/2016).

Menurutnya, motor hasil curian itu, ia jual ke Lampung Timur mulai harga dari Rp 2 juta hingga Rp 3 juta dan uangnya dibagi rata dengan Ivan. Uang tersebut, sudah habis untuk beli kebutuhan sehari-hari.

Sobri mengakui, setelah keluar dari penjara, ia kembali beraksi mencuri motor karena tidak punya pekerjaan dan butuh uang untuk keperluan sehari-hari.

“Karena tidak ada kerjaan itulah, makanya saya mencuri motor lagi,”ucap Sobri dan diamini juga oleh tersangka Ivan.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka harus kembali meringkuk ke jeruji besi tahanan Mapolresta Bandarlampung. Polisi menjerat kedua tersangka Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.

Dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Ivan (23) dan Sobri (22) dihadiahi timah panas Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Polresta Bandarlampung, pada Kamis malam (6/10/2016) lalu.

Polisi menangkap kedua warga Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur tersebut usai beraksi mencuri sepeda motor milik korban Anjasmara di Jalan Duane, Kelurahan Durian Payung, Tanjungkarang Pusat.

Dari penangkapan kedua tersangka, kata Murbani, disita barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih dan satu buah kunci lettet T beserta dua anak kuncinya.