Beranda Pendidikan Teater Satu Kembali Gelar Festival Teater Pelajar Nasional

Teater Satu Kembali Gelar Festival Teater Pelajar Nasional

BERBAGI
Teater Cupido dari SMA Negeri 1 Liwa saat mementaskan naskah “Bila Malam Bertambah Malam” karya Putu Wijaya, beberapa waktu lalu. (Foto: dok Teater Cupido) 

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com—Teater Satu Lampung kembali menggelar Festival Teater Pelajar, 2-7 November 2014 di Taman Budaya Lampung (TBL), Jl Cut Nyak Dien, Bandarlampung.

Festival Teater Pelajar dengan tema “Merayakan Keragaman dalam Persaudaraan” ini diikuti 15 grup teater SMA dari Bandarlampung, Liwa, Negeri Katon (Lampung Selatan), Palembang, Bengkulu, dan Solo.

Iswadi Pratama, sutradara Teater Satu, mengatakan pihaknya even ini telah dilaksanakan secara regular setiap tahun sejak tahun 2000 dan menjadi satu-satunya even festival seni pertunjukan yang cukup penting pengaruhnya dalam merawat perkembangan seni pertunjukan di Provinsi Lampung.

“Sebenarnya yang mendaftar sangat banyak. Tapi kami terpaksa membatasi jumlah peserta dengan beberapa pertimbangan. Namun, kali ini kami memperluas cakupan. Dulu pesertanya hanya berasal dari Lampung, tetapi sekarang levelnya sudah nasional. Beberapa peserta berasal dari luar Lampung,” kata Iswadi, Senin (13/10).

Menurut Iswadi, Festival Teater Pelajar yang disalaksanakan secara reguler sangat penting bagi pengembangan kesenian di sekolah. Konsistensi penyelenggaraan kegiatan festival pelajar, menurut Iswadi, berarti juga turut menyukseskan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Yakni vuntuk mewujudkan pendidikan yang berbasis pembentukan karakter serta pertumbuhan ekonomi kreatif di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Iswadi mengatakan,  secara organisasi, even ini dikembangkan sebagai Jaringan Teater Pelajar Nasional yang kelak diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah dalam merawat dan mengembangkan seni pertunjukan.

“ Khususnya di bidang teater, yang berorientasi pada pengelolaan khasanah kebudayaan nasional dan seni modern,” kata dia. (R/Mas Alina Arifin)

Berikut ini peserta Festival Teater Pelajar 2014 di TBL Bandarlampung:

SMA N 1 Bandar Lampung
SMA N 3 Bandar Lampung
SMA N 7 Bandar Lampung
SMA N 9 Bandar Lampung
SMA N 11 Bandar Lampung
SMK N 1 Bandar Lampung
SMA Xaverius Bandar Lampung
SMA Al-Kautsar Bandar Lampung
SMA N 1 Metro
SMA N 1 Sumber Jaya
SMK Nurul Falah
SMA N 2 Negri Katon
SMA N 6 Solo
SMA LTI IGM Palembang
SMA Kepahiangan Bengkulu