Beranda Hukum Kriminal Tekab 308 Polres Lampura Tangkap Kawanan Begal yang Kerap Beraksi di Jl...

Tekab 308 Polres Lampura Tangkap Kawanan Begal yang Kerap Beraksi di Jl K.S. Tubun Kotabumi

BERBAGI
Para tersangka begal yang ditangkap Tekab 308 Polres Lampung Utara.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Dalam tempo 1 x 24 jam, Tim Tekab 308 Polres Lampung Utara ‎menangkap kawanan begal motor berikut para penadahnya yang kerap beraksi di sepanjang jalan Karel Satsuit Tubun, Kotabumi. Kawanan begal motor yang meresahkan warga itu ditangkap di sejumlah tempat berbeda, Selasa malam (6/7/2016).

Kawanan begal itu masing – masing yakni Nirwansyah (20), warga Kota Alam, Kotabumi, Hendra Saputra (15) warga Desa Negeri Ratu Muara Sungkai, Pabet Irawan (21), warga Des Gedung Nyapah Abung Timur, Hendri Putra Jaya (27), warga Pasar Pagi Kotabumi.‎ Sementara para penadah barang rampasan Nirwansyah CS yakni Sobirin (46), warga Kota Alam, Peri Efendi (25) warga Desa Gedung Nyapah Abung Timur, Olim (59), warga Kotabumi Tengah Barat, Melan (20), warga Tanjung Aman dan Desika (16), warga Kotabumi Ilir.

Menurut Kapolres, AKBP. Dedi Supriyadi, komplotan Nirwansyah CS ini merupakan spesialis pencurian dengan kekerasan motor alias begal yang telah beraksi sejak dua tahun silam. Total, sedikitnya ada 19 lokasi yang pernah menjadi sasaran mereka.

BACA: Lagi, Kawanan Begal Beraksi di Jl. K.S. Tubun Kotabumi

“Modus yang digunakan dengan cara memepet motor korban dan mengancam dengan senjata tajam lalu diakhiri dengan membawa kabur motor korban,” terang dia dalam konferensi pers-nya, Rabu (7/9/2016).

Pimpinan tertinggi di Polres Lampung Utara ini juga mengatakan, komplotan Nirwansyah merupakan satu dari sembilan komplotan spesialis perampas motor yang telah teridentifikasi di wilayahnya. Saat ini, anggotanya sedang bekerja memburu kedelapan komplotan penjahat jalanan tersebut.

“Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah memberikan informasi kepada kami sehingga kami dapat bergerak cepat untuk merespon kejahatan yang terjadi. Tetaplah seperti itu karena tanpa bantuan masyarakat, tentu kinerja kami akan terasa berat,” kata dia.

Kasat Reskrim, AKP. Supriyanto menambahkan, penangkapan kawanan begal motor berikut para penadahnya ini berawal dari penyelidikan yang dilakukan anggotanya tak lama setelah menerima laporan kejadian perampasan motor di Jalan KS. Tubun, Selasa siang (6/7/2016).

“Setelah tahu ciri – ciri pelaku, kami langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan para tersangka di kediamannya masing – masing,” paparnya.

Setelah dilakukan pengembangan, akhirnya diketahui jika barang hasil kejahatan mereka dijual kepada Sobirin, Peri Efendi, Olim, Melan dan Desika. Keempat penadah berikut barang buktinya langsung diamankan ke Mapolres. “Mereka diamankan karena diduga berperan sebagai penadah,” kata dia.

Di tempat sama, Nirwansyah mengakui semua perbuatannya. Sebagian barang rampasan hasil kejahatannya seperti sepeda motor dan handphone itu dijual ke luar Lampung Utara. Hasil penjualan kemudian dibagi rata oleh mereka.

“Biasanya, satu motor saya jual Rp1 hingga 1,5 juta per-unit, dan uangnya,” terangnya.

Pantauan di lokasi, 3 dari empat tersangka seperti Nirwansyah, Pabet dan Hendri dihadiahi timah panas karena berusaha kabur saat ditangkap.‎ Adapun barang bukti yang diamankan 6 unit motor, 2 bilah pedang, 2 bilah badik, 4 buah mata kunci leter T, 10 HP berbagai merek, 4 pasang nomor polisi, dan sejumlah suku cadang (spare part) motor.

BACA JUGA:

loading...