Beranda Pendidikan Kampus Hima Sastra Indonesia UM Gelar Festival Teater Pelajar Se-Jatim

Hima Sastra Indonesia UM Gelar Festival Teater Pelajar Se-Jatim

BERBAGI
Penampilan kelompok teater SMPN 8 Malang pada Festival Teater SMP-SMA Se-Jawa Timur di Universitas Negeri Malang, Selasa (21/10). 

MALANG,  Teraslampung.com--Dalam rangka menyemarakkan “Bulan Bahasa dan Sastra 2014”, Himpunan Mahasiswa Jurusan  Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Festival Teater SMP-SMA se-Jawa Timur 2014 di Laboratoriun Drama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) Kota Malang, 21 hingga 31 Oktober 2014.

Menurut Erens Levian Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang, kegiatan festival ini merupakan ajang bagi pelajar untuk tampil bebas berekspresi, berkarya, dan mengadu kreativitas di bidang teater.

“Rangkaian acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bagi pelajar tingkat SMP yang ke IV dan tingkat SMA yang ke XVIII se Jawa Timur dalam menyemarakan bulan bahasa dan sastra tahun 2014”,ujar Erens, di Malang, Selasa (21/10/2014).

Erens mengatakan, seni teater  merupakan salah satu bentuk unsur yang terlahir dari rahim kesenian dan hidup dalam realitas sosial yang sarat dinamika. Hal itulah, menurut Erens, yang membuat  teater bisa menjadi  sarana yang ampuh sebagai pendidikan budaya,kepribadian dan jati diri bangsa dalam bingkai kesatuan bangsa.

“Hal itu juga yang  menjadikan seni teater menjadi salah satu aspek dari mata pelajaran Seni Budaya di sekolah,” kata dia.

Erens menuturkan, Festival Teater SMP-SMA se-Jawa Timur 2014 diawali dengan jenjang SMP yang dimulai Selasa hingga  Jumat (21-27/10) di Laboratoriun Drama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) Kota Malang.

“Untuk jenjang SMP di ikuti sebanyak 17 kelompok teater dari berbagai daerah di Jawa Timur di antarnya Kota Malang, Blitar, Situbondo, Batu, Gresik, Lumajang, Pasuruan, dan Lumajang, Sedangkan untuk jenjang SMA akan dimulai pada 27 -31 Oktober,” paparnya.

Festival Teater SMP-SMA se-Jawa Timur ini menggunakan sistem lomba dengan naskah yang ditentukan panitia, yakni cerita rakyat Jawa Timur. Di antaranya cerita “Aryo Menak dan Tujuh Bidadari”, “Jaka Budug, “Penerimaan”, “Arga Dumadi”,  “Naga dan Putri Kemuning”,  dan “Legenda Gunung Kelud”.

Menurut Ketua Panitia Festival Teater SMP-SMA se-Jawa Timur M Satrio Hamid, Untuk jenjang SMP pada hari pertama ditampilkan empat kelompok teater yang dimulai pukul 08.00 sampai 14.30,

“Hari pertama yang tampil Teater Biru Putih SMPN Donomulyo,Bengkel Sastra Pandawa SMPN I Bangil,Teater Sepat SMPN 4 Blitar,Teater Jendela SMPN 8 Malang,”kata Satrio.

Satrio mengatakan,  juri yang akan menilai adalah para akademikus  Fakultas Sastra UM, Indra Suherjanto,  M Leo Zaini dari Laboratoriun Drama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM), dan Didik seniman teater Dewan Kesenian Kota Malang.

Dalam Festival Teater SMP-SMA se-Jawa Timur 2014 di Laboratoriun Drama Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) Teraslampung.comportal berita online Lampung, ikut serta menjadi media partner dalam rangkaian bulan bahasa dan sastra tahun 2014.

“Meskipun berbasis di Lampung, tetapi Teraslampun.com kami nilai juga banyak mempublikasikan peristiwa kesenian di berbagai daerah di Indonesia dan banyak dibaca orang di seluruh Indonesia. Makanya kami tertarik untuk bekerja sama,” kata Satrio.

Aan Frimadona Rosa