Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Tujuh Ruko dan Satu Rumah Kos di Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi Hangus Terbakar

Tujuh Ruko dan Satu Rumah Kos di Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi Hangus Terbakar

BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi, Lampung Utara macet karena dipenuhi warga yang hendak menyaksikan kobaran api dan bubungan asap akibat terkabarnya beberapa ruko dan sebuah rumah kos, Junat sore (22/5).

KOTABUMI–‎Sedikitnya tujuh  Ruko dan satu kamar kos di Jalan Soekarno – Hatta, Kotabumi, Lampung Utara hangus terbakar  Jumat (22/5) sekitar pukul 15:30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, (pukul 18.47 WIB) belum diketahui pasti penyebab dan nilai kerugian materi yang ditimbulkan karena musibah kebakaran ini.

Heri Maulana, salah seorang pengunjung rumah makan Pindang Baung Cahaya Resto menceritakan, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui olehnya saat mendengar‎ teriakan kebakaran. Kobaran api diduga berasal dari arah bagian belakang Kedai Iful jenggot. Kedai Iful jenggot sendiri terletak di bagian ujung dari ketujuh deretan ruko tersebut. 

“Saat itu saat baru mau minum kopi di rumah makan Cahaya Resto, tiba – tiba saya dengar teriakan kebakaran. Apinya dari arah bagian belakang Kedai,” kata Heri di lokasi kebakaran.

Mendengar teriakan kebakaran tersebut, dirinya langsung berhamburan ke luar ruangan untuk memastikan kebenarannya. Tanpa diminta, ia langsung membantu para pemilik ruko untuk mengevakuasi barang – barang berharga milik mereka setelah sebelumnya menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara untuk segera turun ke lokasi. 

Jilatan si jago merah, kata Heri, begitu cepat membakar bagian atap ketujuh ruko hanya dalam rentang waktu 10 menit.

7 Ruko di Kotabumi Terbakar
Kepulan asap yang membumbung tinggi dari ‎deretan Ruko yang hangus terbakar di Jalan Soekarno – Hatta, Kotabumi, Lampung Utara, Jumat sore (22/5).

“Sempat terdengar dua kali ledakan. Beruntung pemadam kebakaran (BPBD) cepat tiba. Kalau tidak, semuanya sudah luluh lantak dilahap api,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris BPBD, Ansyori Rasyid mengatakan, pihaknya langsung turun ke lokasi kebakaran seusai menerima laporan dari lokasi. Untuk memadamkan kobaran api, pihaknya menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Ansyori membenarkan bahwa tak kurang dari tujuh Ruko dan satu kamar kos hangus terbakar akibat kebakaran tersebut. Namun, ia mengaku belum dapat menduga atau memastikan penyebab kebakaran. 

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa api di sebuah bangunan yang terbakar di Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi, Jumat sore (22/5/2015).
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa api di sebuah bangunan yang terbakar di Jalan Soekarno-Hatta Kotabumi, Jumat sore (22/5/2015).

“Penyebab kebakaran dan berapa kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran kali ini belum dapat dipastikan,” kata mantan Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Lampura tersebut.