Beranda News Untuk Penanganan Perkara, Menteri PAN-RB Imbau Kapolda Lampung Terapkan Sistem IT

Untuk Penanganan Perkara, Menteri PAN-RB Imbau Kapolda Lampung Terapkan Sistem IT

BERBAGI
Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin menandatangani prasasti peresmian program Polda Lampung berbasis IT "SOS Polda Lampung", Selasa (13/9/2016).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, meminta kepada institusi kepolisian Polda Lampung, untuk merubah sistem pelayanan. Dari pelayanan yang konvensional, menuju ke pelayanan berbasis IT (Information and Technology).

“Saya mengimbau Kapolda Lampung untuk menerapkan sistem pelayanan dengan berbasis IT tersebut,”kata Asman disela-sela kunjungannya ke Polda Lampung, Selasa (13/9/2016).

Asman mengutarakan penerapan sistem IT diterapkan untuk mewujudkan polisi yang modern. Apabila Polda Lampung tidak menerapkan sistem IT tersebut, Asman meminta untuk meniru program di beberapa daerah lain yang sudah menerapkannya.

Menurut Asman di beberapa daerah, pelayanan masyarakat seperti SIM dan STNK menggunakan cara pelayanan seperti di wiralaba dengan sistem drive thru. Dengan menerapkan pelayanan berbasis IT, harapannya Polda Lampung bisa menjadi percontohan untuk lainnya.

“Masyarakat yang akan perpanjang SIM, tinggal pergi menuju ke mesin seperti ATM. Di tempat itu, tinggal pencet tombolnya saja langsung di proses dan SIM jadi,”terangnya.

Asman juga berpesan, ke depannya Polda Lampung harus menciptakan sistem penanganan perkara berbasis IT. Maka dengan demikian, penyidik bisa bekerja secara independen tanpa adanya intervensi dari pimpinannya sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Penanganan perkara dengan berbasis IT ini, kata Asman, bisa lebih transparan dan masyarakat harus mengetahuinya demi keterbukaan informasi publik. Sehingga, tidak lagi ada rekayasa kasus penanganan perkara yang dilakukan kepolisian.

BACA: Polda Lampung Segera Luncurkan Aplikasi “SOS Polda Lampung”

“Jadi masyarakat bisa mengetahui, status perkara yang sedang ditangani Polda Lampung menggunakan teknologi. Berapa yang sudah ditangani dan yang belum ditangani,”jelasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Menpan-RB Asman Abnur sekaligus meresmikan salah satu program Polda Lampung berbasis IT ‘SOS Polda Lampung’ atau tombol panic button dengan penandatangan prasasti.