Beranda Ruwa Jurai Metro Walikota Pairin dan Waki Walikota Metro Hadiri Perayaan Kue Bulan

Walikota Pairin dan Waki Walikota Metro Hadiri Perayaan Kue Bulan

BERBAGI
Perayaan Kue Bulan di Kota Metro.

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Metro Ahmad Pairin dan Wakil Walikota Djohan hadir dalam Perayaan kue bulan bersama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Metro di Graha Sukha Kota Metro, Rabu  (14/09/2016). Hadir pula Staf Ahli Pemerintahan Rubiyo Puspa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangkit Haryo Utomo, dan seluruh PSMTI se Provinsi Lampung.

Dalam sambutan nya Walikota Metro Ahmad Pairin kita sangat bersyukur dapat berkumpul pada acara makan bersama kue bulan.

“Kami mengucapkan terima kasih dengan keberadaan PSMTI Pemerintah Kota Metro sangat beruntung, apalagi setiap kegiatan ada selalu PSMTI selalu hadir, dari kegiatan sosial kemasyarakatan dan kebudayaan, untuk itu saya sangat berterima kasih atas keberadaan organisasi ini,” kata Pairin,

Menurut Pairin, masyarakat Tionghoa selalu hadir dan bermasyarakat di setiap kota maju. Pairin berharap  kegiatan ini selalu bisa mengabdi ke masyarakat dan selalu dapat memberikan semangat dalam mengembangkan kebudayaan.

Perayaan kue bulan digelar warga Tionghoa dalam rangka melestarikan kebudayaan. Pada kesempatan itu warga Tionghoa di Metro  makan bersama kue bulan atau disebut Ba Yue Ban, yang biasa digelar pada tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek.

Menurut kisah, perayaan itu berkaitan dengan pertama kalinya Kaisar Qin pada tahun 212 SM bersama rakyatnya  menikmati indahnya bulan di langit dan bergembira sambil bernyanyi dan makan minum. Karena 1 tahun ada 12x bulan purnama tapi yang paling bulat dan paling indah dilihat yaitu bulan purnama di hari raya tiong ciu.

PSMTI Kota Metro sangat mendukung semua program pemrintah yang saat ini sedang di sosialisasikan yaitu amnesti pajak, kami akan mensosialisasikan apa itu amnesti pajak dan dapat melaksanakan nya tutup Gunawan Qiu ketua PSMTI Kota Metro.