Beranda BOLA Piala Eropa 2016 William Gallas: Awas! Irlandia Utara akan Balas Dendam!

William Gallas: Awas! Irlandia Utara akan Balas Dendam!

BERBAGI
William Gallas (Reuters)

TERASLAMPUNG.COM — Mantan bek Les Bleus, William Gallas, mengingatkan  Prancis untuk mewaspadai kemungkinan balas dendam Republik Irlandia saat kedua tim berjumpa di putaran kedua Euro 2016, Minggu (26/6).

Alasannya: Irlandia masih sangat masygul dengan kekalahan menyakitkan saat pertandingan play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2010, saat melawan Prancis. Ketika itu, Prancis meraup kemenangan agregat 2-1 atas Irlandia di Paris.

Kekalahan yang dianggap pendukung Irlandia Utara sebagai kontroversial itu sempat kehebohan. Fans Irlandia ketika itu marah besar dan gol yang diciptakan Gallas haram lantaran Thierry Henry  handball saat memberikan umpan.

“Saya yakin pelatih Martin O’Neill akan memanfaatkan kisah ini untuk membakar semangat para pemain. (Kita) harus waspadai tim ini (Irlandia Utara) akan balas dendam,” kata Gallas, seperti dikutip L’Equipe.

“Saya yakin pelatih akan bicara kepada mereka tentang 2009.

Menurut Gallas, para suporter Irlandia Utara akan memiliki suasana hati beberap tahun lalu dan meluapkannya di laga Prancis versus Irlandia di Euro 2016.

“Mereka tidak melupakanya. Ini akan panas,” kata mantan pemain Arsenal dan Chelsea itu.

Tentang laga Prancis vs Irlandia Utara enam tahun lalu itu, Gallas mengaku,“Ketika saya mencetak gol, saya merasa lega. Terutama di sisa waktu yang tinggal beberapa saat lagi. Kampanye kualifikasi kami tidak bagus dan setelah laga itu ada kelegaan besar. Kami sangat ingin lolos.”