Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat 1.500-an Bujang-Gadis Lampung Barat Hadiri “Nyambai Milenial”

1.500-an Bujang-Gadis Lampung Barat Hadiri “Nyambai Milenial”

177
BERBAGI
Nyambai Milenial di Kebun Raya Liwa, Lampung Barat, Selasa sore (9/4/2019).
Nyambai Milenial di Kebun Raya Liwa, Lampung Barat, Selasa sore (9/4/2019).

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, menghadiri acara “Nyambai Millenial”  di Kebun Raya Liwa, Selasa sore (9/4/2019). Tak kurang dari 1.500-an bujang dan gadis Lampung Barat mengikuti acara tradisi Lampung itu.

“Nyambai millenial ini diperuntukkan untuk generasi millenial, generasi muda di Lampung Barat. Melalui kegiatan, saya mengajak kita semua yang hadir di sini mari bahu membahu melestarikan seni tradisi nyambai,” kata Parosil, saat membuka acara,

Parosil mengatakan, nyambai merupakan warisan seni tradisi sejak ratusan tahun silam di Bumi Sekala Bekhak, Lampung Barat, dan sudah tercatat sebagai warisan budaya tak benda di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Pemerintah juga sangat mendukung adanya berbagai sanggar seni dan budaya Lampung di Lambar ini,” katanya.

Menurut Parosil, selama ini berbagai kesenian dan budaya Lampung khususnya Lampung Barat dilestarikan melalui sanggar-sanggar, sehingga generasi muda saat ini akan mengetahui bahwa kita memiliki khasanah seni dan budaya yang patut untuk dipertahankan keberadaannya.

Nyambai merupakan acara adat Lampung Pesisir berupa pertemuan bujang dan gadis sebagai ajang silaturahmi atau perkenalan sebelum puncak hari pernikahan. Pada acara nyambai biasanya para bujang dan gadis menunjukkan kemampuannya dalam menari dan berbalas pantun.

Loading...