Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat 1 Warga Lampung Barat Positif Corona, Bupati Parosil Sterilkan Wilayah dan Beri...

1 Warga Lampung Barat Positif Corona, Bupati Parosil Sterilkan Wilayah dan Beri Jaminan Hidup

680
BERBAGI
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus

TERASLAMPUNG.COM — Setelah Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan 1 pasien asal Lampung Barat positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengeluarkan beberapa kebijakan strategis untuk menanggulangi hal tersebut.

Beberapa kebijakan itu adalah program sterilisasi wilayah, jaminan hidup, keamanan bagi pasien dan keluarga selama masa karantina, dan asupan gizi bagi orang tua, balita dan ibu hamil.

“Daerah yang menjadi endemik Covid 19 akan disterilisasi selama 14 hari secara rutin. Pola seperti ini di terapkan di Vietnam dan berhasil.  Jadi,  Pemkab Lambar bersama aparat pekon, TNI, Polri dan pihak lainnya akan menjaga semua pintu masuk pekon, melakukan pendataan tamu, pemeriksaan kesehatan hingga penyemprotan disinfektan kepada semua tamu tanpa terkecuali,” ujar pria yang akrab disapa Pakcik itu, Jumat 3 April 2020.

Parosil Mabsus mengatakan pasien dan keluarga terdampak Covid-19 akan mendapatkan Program Jaminan Hidup dari Pemkab Lambar, jaminan keamanan melalui penjagaan oleh pihak terkait selama masa karantina hingga penyembuhan.

“Jadi pasien dan keluarga terdampak tak lagi memikirkan kebutuhan hidup dan pengobatan lagi. Mereka hanya fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan saja. Disinilah negara hadir, menjadi solusi, bagi problem pokok rakyat tersebut disaat darurat,” jelasnya.

Untuk mempekuat dua kebijakan tersebut, Alumni FKIP Unila ini akan memberikan stimulus berupa “Paket Hidup Sehat” melalui penyediaan asupan gizi secara teratur dan rutin kepada kalangan rentan corona berdasarkan kategori usia masyarakat.

“Selain jalur medis, kita juga wajib berserah diri, beribadah dan berdoa memohon agar perjuangan ini diberi kemudahan dari sang pencipta. Jadi saya mengajak warga Lambar berpartisiplasi untuk mengirim doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing serentak setiap hari nya sehabis magrib di kediaman masing saja,” kata Bupati Kopi ini.