10 Cara Keluar dari “Bad Mood”

  • Bagikan

Kuncinya adalah memahami mengapa Anda benar-benar turun.

ilustrasi

Hampir semua manusia pernah mengalami suaasana hati yang buruk atau bad mood. Manusia acap susah untuk keluar dari suasana hati buruk yang datang tiba-tiba. Kita tidak akan pernah bisa keluar dari sergapan suasana hati burukm jika kita  tidak menyadari apa yang jadi penyebabnya.

Kalau  Anda “diserang” suasana hati buruk, datanglah sesaat ke sebuah tempat keramaian. Jangan hanya menunggu awan gelap lalu hujan deras.  Ya, Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan mood Anda, dan yang pertama adalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan itu.

Berikut adalah 10 penyebab umum buruk suasana hati-dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengusir suasana hati buruk:

1. Rasa bersalah. Merasa bahkan agak bersalah dapat memiliki dampak besar pada suasana hati kita. Melupakan ulang tahun seseorang dapat membuat Anda merasa buruk bahkan jika Anda meminta maaf (tapi tentu saja jika Anda tidak). Cara terbaik untuk mengatasi perasaan bersalah adalah dengan menebusnya dengan sebuah tindakan.

2. Ada penolakan Kecil.  Sebuah penolakan kerap mencedera emosional kita. Itu  sangat wajar. Kalau Anda terlalu aktif di media sosial, misalnya, penolakan kecil sering terjadi. Atau, rasa jengkel terhadap tulisan status Facebook seseorang membuat Anda jengkel, masygul. Atau juga Anda merasa tertolak dan tak berharga ketika foto yang Anda posting di FB tidak ada yang menangapi atau bahkan diejek kawan.  Jika seseorang yang dekat tidak menanggapi postingan Ada, Anda dapat menganggap mereka terlalu sibuk untuk melakukannya, dan mengirim mereka pesan teks atau meminta mereka untuk melihat postingan  foto Anda jika Anda ingin berbagi (atau mendapatkan respons yang Anda inginkan) .  

3. Tugas yang luar biasa. Kalau Anda punya tugas yang luar biasa berat atau banyaknya, buatlah daftar apa yang harus Anda  kerjakan lebih dulu. Jangan mengeluh atau stres, karena keluhan tak akan mengurangi beban Anda.Anda tidak perlu menyelesaikan setiap tugas yang luar biasa untuk meningkatkan mood Anda. Studi telah menemukan bahwa hanya dengan membuat rencana yang baguslah seseorang bisa  menangani tugas-tugas yang cukup berat  Anda harus bisa  menghilangkan tekananmental dan meningkatkan mood Anda. Jadi, sangatlah perlu memutuskan kapan Anda akan melakukan tugas, mengatur pengingat di ponsel, atau refreshing sebentar untuk meringankan suasana hati Anda.

4. Merenung . Banyak dari kita bisa terjebak mengulang adegan menjengkelkan yang terjadi hari, minggu, atau bahkan berbulan-bulan yang lalu.  Ketika sebuah film pendek menjengkelkan terus bermain di belakang pikiran Anda, menggunakan teknik distraksi untuk mengurangi intensitas dan frekuensi. Studi menunjukkan bahwa gangguan dua menit (seperti melakukan teka-teki silang atau bermain gadget ) sudah cukup untuk mengganggu pikiran menyedihkan dan mengembalikan mood Anda.

5. Memiliki rasa rendah diri. Seperti pepatah:  bad hair day. Kadang-kadang kita hanya terbangun dengan perasaan buruk tentang diri kita sendiri, tanpa alasan yang jelas. Harga diri cenderung berfluktuasi tetapi juga penting untuk menopang itu ketika rendah. Karena itu, ketika harga diri Anda dalam kemerosotan, melakukan sesuatu untuk membuat Anda merasa baik tentang diri Anda. Berolahraga dan melepaskan beberapa endorfin; memakai sesuatu yang Anda merasa baik di; merencanakan sesuatu yang Anda akan melihat ke depan untuk melakukan; atau menelepon seseorang yang benar-benar menghargai Anda dan membuat Anda merasa baik tentang diri Anda.

6. Takut gagal. Kita bisa khawatir tentang maraton yang akan datang, presentasi di tempat kerja, atau ujian penting bagi hari atau bahkan berminggu-minggu sebelumnya. Untuk keluar dari fiksasi itu, fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali Anda: Beefing up pekerjaan jalan Anda, membuat dukungan di antara rekan-rekan dengan menjadi mendukung dan mendorong kerja mereka (yang akan membuat mereka lebih mungkin mendukung Anda), atau membuat jadwal studi rinci dapat membantu mengurangi rasa takut gagal dan suasana hati buruk yang menyertainya.

7. Merasa terputus. Kita bisa mendapatkan begitu terjebak dalam hidup kita mengabaikan kebutuhan emosi dan sosial kita dan mulai merasa terputus dari orang-orang di sekitar kita. Untuk bergerak melewati perasaan ini, memberikan dicintai panggilan atau mengambil istirahat dan bermain dengan hewan peliharaan Anda. Studi juga menemukan bahwa bahkan interaksi sosial singkat dengan kenalan dapat meningkatkan mood.

8. Terjebak dalam gangguan kecil. Seperti kita menjalani kehidupan kita yang sibuk, gangguan-benar kecil bisa bersumber dari biaya  tagihan telepon, layanan internet, tamu datang pada saat Anda sedang sibuk, dsb. Kalau semua itu Anda pikirkan berlebiha maka akan merusak suasana hati Anda. Untuk mengembalikannya, dapatkan perspektif dan mengingatkan diri Anda dari gambaran besar. Cobalah tanya pada diri sendiri: Apakah ini semua merupakan sesuatu yang selalu terjadi sepanjang tahun? Jika tidak, Anda tidak layak kesal. Untuk menyeimbangkan mood Anda lebih lanjut, lakukan latihan bersyukur: Buatlah daftar 5 hal yang Anda syukuri yang terkait dengan apa yang ada pada diri Anda atau apa yang sudah Anda capai dibandig orang lain. Misalnya: Anda memiliki anak-anak yang sehat, Anda memiliki pekerjaan yang baik, Anda memiliki teman-teman yang peduli, Anda punya istri/suami yang setia, dll

9. Kelaparan . Kelaparan juga sering membuat seseorang lekas marah, jengkel, gusar. Lapar bisa mengubah suasana hati menjadi buruk.Kalau Anda lapar saat sedang dikejar tenggat waktu pekerjaan, segeralah makan. Jangan tunggu atau tunda sampai pekerjaan benar-benar selesai.

10. Kelelahan. Ini juga jatuh dalam kategori yang jelas-tapi-sering diabaikan. Jika kita lelah, maka suasana hati pun kerap tak bisa dikontrol.  Ketika kita tidak mendapatkan cukup tidur, maka peluang untuk bad mood juga tinggi. Kita akan susah berkonsentrasi. Jika suasana hati Anda tiba-tiba buruk lantaran kelelahan, tak ada salahnya Anda tidur sebentar. Cukup setengah jam atau satu jam. Jika tidur Anda berkualitas maka niscaya badan akan terasa segar kembali. Suasana hati buruk pun akan hilang.

Panca Dyah/dbs

  • Bagikan