Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara 10 Pendaftar Siap Jadi Peserta Lelang Jabatan Kadis dan Kepala Badan di...

10 Pendaftar Siap Jadi Peserta Lelang Jabatan Kadis dan Kepala Badan di Lampura

243
BERBAGI
Kantor Pemkab Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Sebanyak 10 pejabat maupun non pejabat di lingkungan Pemkab Lampung Utara mencoba peruntungannya ‎untuk memperebutkan dua posisi kepala dinas yang kini tak bertuan. Jabatan kedua Kepala Dinas yang dilelang oleh Pemkab Lampung Utara ialah Kepala Dinas Perdagangan dan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD).

“Sampai hari terakhir pendaftaran lelang jabatan untuk posisi Kepala Dinas Perdagangan dan BPPRD hari ini, ‎sudah tercatat ada 10 peserta,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)‎ Lampung Utara, Iwan Setiawan, Rabu (10/5/2017).

Ke-10 peserta yang telah mendaftarkan diri untuk ikut lelang jabatan itu, yakni Syarfuddin (Pelaksana pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Supardi Sarbini (pelaksana di BKPSDM), Usman (Kabid Administrasi, Dokumentasi dan Kesejahteraan Pegawai di BKPSDM), Rudi Ehwan (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa), Mikael Saragih (Kabag Perlengkapan dan Keungan Sekretariat Kabupaten), Kurmadi (Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Mereka berenam tercatat mendaftarkan diri untuk posisi Kepala BPPRD.

Selanjutnya, Hendra (pelaksana pada Dinas Lingkungan Hidup), Mirza Sofian (Kabid Pemeliharaan dan Ketertiban Dinas Perdagangan), Zulkarnaen (Kabid Usaha Ekonomi TTG dan SDM Dinas PMPD, Wan Hendri (Sekretaris Dinas Perdagangan). Keempatnya mengincar posisi Kepala Dinas Perdagangan.

“Tapi, jumlah ini bisa bertambah karena penutupan pendaftaran hingga tengah malam ini,” terusnya lagi.

Menurut Iwan, untuk menempati posisi Kepala Dinas yang mereka incar, para peserta lelang ‎wajib mengikuti semua tahapan lelang, seperti seleksi berkas, ujian kompetensi, dan wawancara. Peserta yang lulus tahapan sebelumnya dapat mengikuti tahapan selanjutnya dan begitupun sebaliknya.

Setelah tes terakhir, yakni wawancara, pihaknya akan menyampaikan enam nama dari dua instansi hasil tes terakhir kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat pengesahan. ‎Selanjutnya, pengesahan KASN ini akan disampaikan ke Bupati Lampung Utara untuk ditetapkan siapa yang paling layak untuk menempati masing – masing dinas itu. Biasanya, dalam penetapan siapa yang paling berhak menempati posisi Kepala Dinas yang dilelang, Bupati ‎berpedoman pada nilai terbesar yang didapat peserta.

“Sejauh ini, pak Bupati selalu memilih peserta dengan poin tertinggi untuk menempati jabatan hasil lelang jabatan,” kata Iwan.

Loading...