Beranda Ruwa Jurai Tanggamus 12 Pekon di Kabupaten Tanggamus Deklarasikan ODF

12 Pekon di Kabupaten Tanggamus Deklarasikan ODF

376
BERBAGI
Bupati Tanggamus Dewi Handajani beserta jajaran photo bersama dengan 12 kepala pekon..
Bupati Tanggamus Dewi Handajani beserta jajaran photo bersama dengan 12 kepala pekon..

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri deklarasi open defection free (ODF) atau stop buang air sembarangan di 12  pekon (desa), Rabu 18 Desember 2019 di Pekon Teba, Kecamatan Kota Agung Timur.

“Memang tidak mudah merubah perilaku buang air besar sembarangan yang sudah menjadi kebiasaan, dan kami menyadari bahwa Tanggamus masih tertinggal, serta akses sanitasi yang masih rendah, apabila kita berkomitmen kuat, dan saling bersinergi Insya Allah semua bisa ODF,” kata Dewi, Rabu, 18 Desember 2019.

Bupati Dewi Handajani pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada PT. Tirta Investama Tanggamus (Aqua Danone) dan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) yang telah menjalin kerjasama dan berkontribusi dalam pendampingan masyarakat untuk program air bersih dan sanitasi di Kabupaten Tanggamus.

“Kami sangat berharap agar YKWS dan Aqua Danone bisa terus mendampingi untuk mewujudkan seluruh pekon di Tanggamus 100% ODF dan kabupaten STBM yang berkelanjutan, sehingga persoalan dan angka stunting di Tanggamus bisa menurun, serta derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat untuk kualitas generasi yang lebih unggul,” ujarnya.

Deklarasi ODF tersebut dihadiri Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Dandim 0424 Letkol Inf. Arman Aris Sallo. Wakapolres Yuliansyah, Plan Manager PT. Tirta Investama Tanggamus Asep Mawan Ruswandi, dan Direktur (YKWS) Febrilia Ekawati.

SDari 3021 pekon  di Tanggamus, baru 34 pekon yang sudah ODF. Sedangkan 12 pekon yang mendeklarasikan ODF adalah Pekon Teba, Tanjung Anom, Talang Rejo, Kecamatan Kota Agung Timur.

Kemudian Pekon Srikuncoro, Sidomulyo, Sukajaya, Margomulyo, Kacapura, Tugurejo, Tulungasahan, di Kecamatan Semaka; serta Pekon Banjarnegoro, Kecamatan Wonosobo. Pekon Tanjung Agung, di Kecamatan Kota Agung Barat

 

Dandy Ibrahim

Loading...