Beranda News Kesehatan 12 Penderita Gizi Buruk di Lampung Meninggal

12 Penderita Gizi Buruk di Lampung Meninggal

643
BERBAGI
Penderita gizi buruk di Lampung pada 2005. (dok liputan6.com)
Penderita gizi buruk di Lampung pada 2005. (dok liputan6.com)

Teraslampung.com–Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, mengatakan selama 2014 ada 14 pasien gizi buruk di Lampung meninggal dunia. Pasien giizi buruk yang meninggal ituasebagian besar dari Lampung Timur (7 pasien).

“Penyebab meninggalnya pasien tersebut karena penyakit paru-paru dan thyipoid berjumlah 2 orang di Tanggamus, 7 orang karena gizi buruk terdapat di Lamtim, 1 orang karena penyakit  jantung di Lamteng, 1 orang karena penyakit  HIV di Pringsewu,1 orang  di Mesuji karena kelainan jantung dan Pesisir Barat berjumlah 1 orang karena penyakit  tubercolusi,” kata Reihana, Kamis (15/1/2015).

Menurut Reihana, berdasarkan pengalaman selama ini, beberapa kasus gizi buruk sulit ditangani karena pasien mengalami penyakit yang kompleks. Mereka tidak hanya menderita gizi buruk, tetapi juga mengidap penyakit bawaan lainnya.

“Maraknya gizi buruk disebabkan kurangnya dukungan lintas sektoral dari aparat Pemda dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap gizi buruk itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Koalisi Lampung Sehat (KULS) Herdimansyah mengatakan, gizi buruk menyerupai fenomena gunung es. Kasus yang ada saat ini baru sebagian kecil yang berhasil terdeteksi.

“Masih banyak penderita gizi buruk yang hanya dirawat orang tuanya di rumah atau tidak dilaporkan oleh relawan posyandu maupun oleh orang tua pasien,” kata Herdimansyah.