16 Pegawai Puskesmas Kalibalangan Lampung Utara Positif Covid-19

  • Bagikan
Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli
Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Enam belas tenaga kesehatan di Puskesmas Kalibalangan, Abung Selatan, Lampung Utara dinyatakan positif terpapar Covid-19, Minggu (20/12/2020). Ke-16 tenaga kesehatan ini bagian dari 40 kasus positif Covid-19 yang ditemukan hari ini di Lampung Utara.

“Kembali ditemukan 40 kasus pasien positif‎ Covid-19 hari ini di Lampung Utara,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Minggu (20/12/2020).

Dari ke-40 kasus itu, 16 di antaranya ditemukan dari tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Kalibalangan. Akibatnya, pihaknya terpaksa memberhentikan sementara seluruh aktivitas pelayanan di puskesmas itu.

“Selama tiga hari ke depan dihentikan sementara pelayanannya sembari menunggu hasil tes swab lainnya yang masih belum ke luar,” kata dia.

Paparan virus dari ke-16 tenaga kesehatan itu berasal dari rekan sejawat mereka yang terlebih dulu positif Covid-19. Ternyata setelah dilakukan tes swab, banyak di antara mereka yang positif terpapar.

“Mereka yang positif ini sempat kontak erat dengan rekannya yang sebelumnya positif Covid-19,” jelasnya.

Sementara mengenai 24 kasus pasien positif lainnya, Dian Mauli menyebutkan, ‎kasusnya tersebar di sejumlah kecamatan. Sejumlah kasus merupakan kasus baru. Status positif pasien baru itu ditemukan saat mereka memeriksa kesehatan di rumah sakit Lampung Utara.

“Sejumlah kasus‎ baru diketahui saat melakukan rapid tes di RS sebelum memeriksa kesehatan. Ternyata hasilnya reaktif dan begitu pun dengan hasil tes swab-nya,” papar dia.

Dengan pertambahan 40 kasus ini maka total kasus Covid-19 Lampung Utara kini mencapai 484 kasus. Rinciannya, 384 selesai isolasi, 8 meninggal dunia, dan ‎92 sedang isolasi.

Loading...
  • Bagikan