Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara 200-an Desa di Lampura Cairkan ADD

200-an Desa di Lampura Cairkan ADD

327
BERBAGI
Ilustrasi Alokasi Dana Desa (Ist).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dari total 232 desa yang ada, sekitar 200-an desa di antaranya telah menerima kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) triwulan II tahun 2020. ADD yang disalurkan itu ialah ADD untuk bulan April-Juni 2020.

“Total berkas pencairan ADD dari desa yang kami sampaikan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset sejauh ini berjumlah 220,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lampung Utara, ‎R. Habibie melalui ponselnya, Kamis (6/8/2020).

Meski jumlah berkas administrasi desa yang disampaikan ‎telah menyentuh 94 persen, namun ia mengaku tidak mengetahui apakah ke-220 desa itu telah menerima kucuran ADD atau belum. Alasannya, pihaknya hanya memroses kelengkapan administrasi desa saja untuk diteruskan ke BPKA, sedangkan pencairannya langsung ke rekening desa.

“Inilah yang menyebabkan kami sama sekali tidak mengetahui berapa total desa yang telah menerima kucuran ADD itu,” jelasnya.

R. Habibi ‎menuturkan, jumlah desa yang belum menyampaikan permintaan pencairan ADD bulan April-Juni ini hanya tinggal sembilan desa. Sementara tiga desa lainnya sedang mereka periksa kelengkapannya supaya dapat disampaikan ke BPKA secepatnya.

“‎Tiga desa sedang kami proses, sedangkan sembilan desa sama sekali belum mengajukan,” papar dia.

‎Di tempat berbeda, Kepala Bidang Perbendaharaan di BPKA, Ashhabul Yamin Hakim mengatakan, jumlah desa yang telah menerima ADD sampai saat ini mencapai sekitar 200-an desa. Penyalurannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan dengan berkas pengajuan yang masuk. Terakhir, penyaluran ADD itu dilakukan pada Senin pekan ini.

“Sejauh ini, sudah ada sekitar 200-an desa yang ditransfer ADD-nya. Untuk jumlah pastinya, saya tidak begitu ingat,” ‎terangnya.

AY. Hakim kembali menguraikan, ADD triwulan II yang disalurkan ini ialah ADD bulan April‎, Mei, dan Juni. ADD ini akan disalurkan kepada desa – desa yang berkasnya dinyatakan tidak lagi memiliki kesalahan.

‎”Jika kesalahan administrasinya sudah diperbaiki maka ADD-nya akan segera ditransfer ke rekening desa,” tutur dia.‎

Loading...